Olahraga di Rumah, Penelitian Membuktikan Hanya Butuh 25 Menit agar Sehat dan Panjang Umur

Febi Anindya Kirana24 Jan 2021, 10:45 WIB
Diperbarui 24 Jan 2021, 10:45 WIB
perempuan olahraga

Fimela.com, Jakarta Selama pandemi COVID-19 tentu banyak kegiatan di luar rumah yang harus ditunda atau bahkan dibatalkan. Himbauan tetap di rumah digalakkan setiap waktu, dan keadaan ini mau tak mau membuatmu harus melakukan semua kegiatan di dalam rumah, termasuk olahraga.

Olahraga memang tidak harus ke luar rumah, di dalam rumah pun tetap bisa dan tetap efektif menjaga kesehatan. Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa sebenarnya tidak butuh waktu lama untuk olahraga agar tubuh tetap sehat dan memiliki potensi panjang umur.

Olahraga 25 menit setiap hari ampuh jaga tubuh sehat

perempuan berolahraga
Ilustrasi/copyrightshutterstock/zEdward_Indy

Penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine menemukan, olahraga dengan intensitas sedang hingga tinggi selama 150 menit per minggu memiliki tubuh lebih sehat dan menurunkan risiko kematian lebih awal karena berbagai penyakit.

Dengan kata lain, kamu hanya butuh waktu olahraga 25 menit saja per harinya jika dibagi menjadi enam hari, dengan satu hari jeda istirahat dalam seminggu. Olahraga apa pun, entah senam, lari atau jalan kaki di treadmill dan lain sebagainya yang memiliki intensitas cukup untuk menaikkan detak jantung, sangat baik dilakukan di rumah.

Jadi kata siapa tak bisa sehat dan olahraga selama di rumah saja? Karena sebenarnya kamu tak butuh olahraga dengan waktu lama untuk bisa sehat dan panjang umur.

#ElevateWomen with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓