Daripada Wajah Tampan, Studi Membuktikan Perempuan Lebih Mementingkan Hal Ini

Febi Anindya Kirana18 Jan 2021, 17:15 WIB
Diperbarui 18 Jan 2021, 17:15 WIB
pria bekerja

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan kemungkinan memiliki kriteria pria idaman yang berbeda-beda dan itu sangat wajar. Namun dari banyaknya perbedaan kriteria yang ditetapkan perempuan, sebenarnya para perempuan memiliki banyak kesamaan kriteria ketika memilih pria sebagai pasangan.

Ketika dihadapkan pada pertanyaan pilih pria tampan tapi lamban atau pria biasa saja tapi cerdas, kira-kira siapa yang kemungkinan akan dipilih? Tidak mengejutkan, perempuan lebih suka pria yang cerdas meski wajahnya standar.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evolutionary Behavioral Sciences menemukan bahwa perempuan lebih mudah tertarik pada pria yang cerdas dibandingkan pria berwajah tampan ketika menentukan pasangan seperti apa yang bisa menjalani cinta jangka panjang.

Pria Cerdas Lebih Disukai Perempuan

pria bekerja
ilustrasi pria/Photo by Ono Kosuki from Pexels

Penelitian yang mengumpulkan dan meneliti data dari Wisconsin Longitudinal Study terhadap 10 ribu laki-laki dan perempuan ini menemukan bahwa perempuan lebih suka pria yang punya tingkat kecerdasan setara dengannya atau lebih tinggi darinya.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Individual Differences menunjukkan kesimpulan yang hampir sama, yaitu perempuan cenderung menilai pria lebih menarik ketika ia memiliki kecerdasan setara atau lebih tinggi darinya.

Jika hanya untuk menjalin hubungan cinta jangka pendek, perempuan memang lebih memilih pria tampan sebagai pasangan, tapi untuk kestabilan hubungan jangka panjang, perempuan lebih mementingkan isi otak seorang pria, terutama karena pria cerdas pasti akan lebih baik dalam mencari pekerjaan dan memiliki penghasilan. 

Wah, ternyata wajah tampan bukanlah segalanya, seringkali pria tampan memang akan kalah dengan pria yang cerdas ya Sahabat Fimela.

#ElevateWomen with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓