9 Jenis Mainan Kucing yang Cocok untuk Peliharaanmu

Kezia Prasetya Christvidya19 Jan 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 19 Jan 2021, 08:45 WIB
kucing-kezo

Fimela.com, Jakarta Kucing merupakan hewan peliharaan yang bisa dijadikan sebagai sahabat. Kucing memiliki jenis yang beragam, yang memiliki sifat serta karakter yang berbeda-beda.

Untuk membuat kucing lebih aktif, Sahabat Fimela bisa memberikan mainan untuk kucing, yang dijadikan sebagai alat olahraga dan membuat kucing lebih memiliki kesibukan.

Terkadang kucing menyukai satu jenis mainan, tetapi ada juga kucing yang mudah bosan dan menyukai banyak mainan. Berikut jenis mainan kucing, yang disukai kucing, dilansir dari berbagai sumber:

 

Cara Memilih Mainan Kucing

ilustrasi mainan kucing/ Buenosia Carol/pexels
ilustrasi mainan kucing/ Buenosia Carol/pexels

Ada banyak jenis mainan kucing yang bisa digunakan untuk menambah aktivitas kucing, agar kucing lebih pintar dan tidak mudah bosan. Namun tidak boleh sembarang dalam memilih mainan untuk kucing.

Saat memilih mainan untuk kucing, kamu bisa memilih mainan yang bisa mengeluarkan bunyi, bisa bergerak cepat, memiliki tekstur lembut dan berbulu, memliki bentuk empuk dan bisa digigit, serta memiliki warna yang terang.

Kamu juga bisa memilih mainan berdasarkan usia kucing. Jika memiliki kucing yang masih anak-anak, berilah mainan seperti pancingan bulu karena anak kucing sering penasaran, serta mainan boneka untuk digigit anak kucing yang giginya baru saja tumbuh.

Sedangkan untuk kucing yang dewasa, kamu bisa memberikan mainan yang mengeluarkan bunyi dan bergerak cepat, untuk meningkatkan naluri berburu dari kucing.

Jenis Mainan untuk Kucing

ilustrasi jenis mainan kucing/Skitterphoto/pexels
ilustrasi jenis mainan kucing/Skitterphoto/pexels

Kucing memiliki banyak jenis yang karakternya berbeda. Untuk jenis kucing yang suka berburu akan lebih suka mainan berbentuk pancingan. Ada jenis kucing yang lebih suka bermain sendiri, maka kucing tersebut akan menyukai mainan berbentuk bola. Berikut jenis mainan kucing:

1. Boneka Tikus

Boneka tikus adalah mainan kucing yang bisa mengeluarkan bunyi. Boneka ini juga bisa bergerak, sehingga membantu mengasah naluri berburu dan ketangkasan kucing dalam menangkap mangsa.

2. Pancingan Bulu

Pancingan bulu adalah mainan yang berbentuk bulu dan ada loncengnya. Saat pancingan ini digerakan, pancingan akan mengeluarkan bunyi dan membuat kucing aktif mengejar bunyi dan bulu tersebut. Mainan ini cocok untuk anak kucing.

3. Boneka Ikan

Boneka ikan merupakan mainan yang di dalamnya berisi tanaman kering bernama catnip, yang memiliki wangian yang disukai kucing dan membuat kucing lebih bersemangat.

4. Play and Scratch

Mainan play and scratch memiliki banyak fungsi. Mainan ini memiliki jalur bola untuk kucing bermain kejar-kejaran, bulu pom untuk dimainkan kucing. Mainan ini disertai alas untuk menggaruk cakar dan menggaruk gigi.

5. Lampu Laser

Lampu laser adalah mainan yang mengeluarkan cahaya berbentuk tikus, ikan atau telapak kucing. Mainan ini bisa membuat kucing bergerak lucu untuk berusaha menangkap sinar dari laser.

 

 

Jenis Mainan Kucing Lainnya

ilustrasi jenis mainan kucing/Eftodii Aurelia/pexels
ilustrasi jenis mainan kucing/Eftodii Aurelia/pexels

6. Mainan Kucing Bola

Bola merupakan salah satu mainan yang bisa digunakan untuk semua jenis kucing. Karena kucing sangat menyukai kejar-kejaran, maka mainan bola ini bisa dimainkan di ruangan yang luas.

7. Cat Wobbler

Cat Wobbler adalah mainan sekaligus tempat makan kucing. Saat kucing memainkannya, maka mainan ini akan mengeluarkan makanan kering.

8. Rainbow Ball

Anak kucing sangat menyukai menggigit, sehingga rainbow ball yang memiliki banyak warna ini, cocok dijadikan mainan untuk anak kucing yang sedang belajar menggigit.

9. Pohon Kucing

Pohon kucing merupakan rumah kucing, yang bisa dijadikan untuk arena berolahraga, bermain ayunan dan untuk kucing tiduran atau bersantai.

Lanjutkan Membaca ↓