16 Fakta Mengejutkan Seputar Putri Diana, dari Depresi Hingga Drama Percintaan

Anisha Saktian Putri20 Jan 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 20 Jan 2021, 07:30 WIB
Baju Olahraga Putri Diana Dijual Rp 74 Juta untuk Kegiatan Amal

Fimela.com, Jakarta Putri Diana menjadi salah satu anggota keluarga kerajaan Inggris yang paling terkenal dan masih dicintai oleh orang-orang di seluruh dunia hingga kini.

Dalam hidupnya yang singkat, Putri Diana membuat warisan untuk dirinya sendiri sebagai seorang yang memiliki rasa kemanusiaan tinggi, ibu yang dicintai anak-anaknya, dan sahabat banyak orang.  Namun, banyak penggemar mungkin tidak mengetahui fakta menarik tentang hidupnya, termasuk bagaimana dia bertemu Pangeran Charles, berapa harga gaun pengantinnya, dan siapa yang dia panggil teman-temannya.

Melansir Insider, berikut ini 16 hal yang mungkin tidak ketahui tentang Putri Diana. Mari kita simak. 

1. Orangtua Putri Diana bercerai saat dia berusia 7 tahun 

Orangtua Diana, Frances Shand Kydd dan Edward John Spencer, bercerai setelah bertahun-tahun menjalani hubungan yang kacau, perselingkuhan dan kekerasan dalam rumah tangga.

Putri Diana akhirnya tinggal bersama ayahnya setelah orangtuanya bercerai dan pertarungan hak asuh yang kejam antara ayah dan ibunya atas Diana dan saudara-saudaranya.

2. Saat Diana masih muda, dia ingin menjadi balerina

Putri Diana
Sumber: Vogue.com

 

Namun, mimpinya tidak akan pernah menjadi kenyataan, karena dia segera tumbuh menjadi terlalu tinggi untuk menjadi balerina dan terpaksa menyerah pada mimpinya.  Putri Diana tingginya 5 kaki 10 inci.

3. Diana menjadi Lady Diana Spencer ketika ayahnya mewarisi gelar Earl Spencer pada tahun 1975

Lady Di "menjadi nama panggilan tidak resminya, bahkan setelah dia menjadi Putri Wales ketika dia menikah dengan Pangeran Charles.

4. Putri Diana berjuang di sekolah dan putus sekolah ketika dia berusia 16 tahun

Sang calon putri berjuang keras di sekolah dan akhirnya putus sekolah.  Ketika dia di sekolah berasrama, Diana gagal ujian O-level dua kali sebelum putus sekolah. Dia kemudian mendaftar di sekolah penyelesaian di Swiss tetapi hanya di sana selama satu semester sebelum bertemu Pangeran Charles dan putus sekolah.

5. Saat Putri Diana dan Pangeran Charles bertemu

24-2-1981: Putri Diana dan Pangeran Charles Resmi Bertunangan
Pangeran Charles dan Putri Diana. (Telegraph)

Pangeran Charles dan Putri Diana secara resmi bertemu ketika dia berusia 16 tahun dan Charles mendekati 30. Menurut The Sun, kakak perempuan Pangeran Charles dan Diana, Sarah Spencer, dikabarkan berpacaran pada 1977, sebelum pasangan kerajaan itu berkumpul.  Faktanya, kakak perempuan Spencer bahkan dilaporkan mengambil pujian karena memperkenalkan Charles dan Diana.

 "Aku yang memperkenalkan mereka. Aku Cupid," kata Sarah Spencer saat itu. "Saya ingat pernah berpikir betapa periang, lucu, dan menariknya dia saat berusia 16 tahun," kenang Charles dalam wawancara tahun 1981 dengan The Telegraph.  

6. Pasangan itu hanya bertemu 13 kali sebelum mereka menikah

Terlepas dari perbedaan usia mereka yang hampir 13 tahun, masa pacaran Pangeran Charles dan Putri Diana berlangsung cepat. Namun, menurut Town and Country, banyak percakapan mereka terjadi melalui telepon dan dilaporkan bahwa pasangan tersebut hanya bertemu secara langsung 13 kali sebelum mereka mengikat janji dalam apa yang disebut "pernikahan abad ini".

7. Saat Diana menikah dengan Charles, usianya baru 20 tahun

Sejak awal, Diana tampak seperti perempuan muda yang benar-benar jatuh cinta.  Namun, dia masih memiliki keraguan tentang calon suaminya. "Kami melakukan wawancara mengerikan ini pada hari kami mengumumkan pertunangan kami," katanya dalam film dokumenter, "Diana: Dalam Kata-Kata Sendiri."

8. Putri Diana dikabarkan memilih cincin pertunangannya sendiri dari katalog

Menurut Brides, cincin itu dirancang oleh perhiasan mahkota Garrard tetapi dipilih oleh calon putri dari katalog, yang berarti secara teknis siapa pun dapat membeli cincin safir dan berlian. Menurut Mode, keluarga kerajaan tidak menyetujui ini dan tidak ingin rakyat jelata memiliki akses yang sama ke perhiasan yang cocok untuk bangsawan. 

Pada saat pembelian aslinya pada tahun 1981, harga cincin itu diperkirakan sekitar $ 36.000.  Hari ini, bagaimanapun, cincin itu tak ternilai harganya. Ketika Pangeran William melamar Kate Middleton, dia melamarnya dengan cincin pertunangan mendiang ibunya yang menakjubkan.

9. Gaun pengantin Putri Diana diperkirakan harganya $ 115.000

Gaun itu dirancang oleh tim suami-istri David dan Elizabeth Emanuel dan menampilkan payet, renda, 10.000 mutiara, dan gaun sepanjang 25 kaki.

10. Putri Diana adalah bangsawan pertama yang melahirkan di rumah sakit

Putri Diana dan kedua anaknya/dok. Pinterest
Putri Diana dan kedua anaknya/dok. Pinterest

Pada 21 Juni 1982, Putri Diana memutuskan tradisi kerajaan ketika melahirkan Pangeran William, dan kemudian Pangeran Harry, di Lindo Wing di Rumah Sakit St Mary di London. Sebelum Putri Diana menjadi seorang ibu, biasanya anggota keluarga kerajaan melahirkan di istana.

Duchess Catherine kemudian melahirkan semua anaknya, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, di rumah sakit yang sama. Putra Pangeran Harry dan Meghan Markle, Archie, lahir di Rumah Sakit Portland di London.

11. Putri Diana memilih kedua nama putranya dan tidak setuju dengan pilihan nama Charles 

Menurut Diana sendiri dalam buku Andrew Morton, "Diana: Her True Story," Charles awalnya ingin William diberi nama Arthur dan untuk Henry - yang menggunakan nama panggilannya "Harry" - diberi nama Albert. Kedua nama tersebut, bagaimanapun, digunakan dalam beberapa hal.  Nama lengkap Pangeran William adalah William Arthur Philip Louis, sedangkan Harry adalah Henry Charles Albert David.

12. Putri Diana dengan cepat menjadi salah satu bangsawan paling populer dalam sejarah modern, sebuah fenomena dunia yang disebut "Demam Diana."

Putri Diana selalu ingin bertemu dengan orang-orang dari segala usia dan latar belakang saat bepergian, dan menolak mengenakan sarung tangan saat bertemu orang, yang biasanya merupakan kebiasaan para bangsawan. Hampir 100.000 orang bersorak untuk Pangeran Charles dan Putri Diana saat mereka melewati jalan-jalan di Tokyo, menunjukkan bahwa popularitas Diana menjangkau jauh melampaui perbatasan Inggris Raya.

13. Putri Diana berjuang melawan depresi dan bulimia

Dalam buku Andrew Morton, "Diana: Her True Story," Putri Wales juga membuka tentang kesehatan mentalnya dan perjuangannya melawan bulimia sebagai akibat dari pernikahannya yang bermasalah dan hubungannya yang rumit dengan pers, yang kerap mengomentari penampilannya. 

Dalam wawancara tahun 1995 yang sekarang kontroversial dengan Martin Bashir dari BBC - di mana sang putri tertipu untuk berbicara dengan Bashir, menurut saudara laki-lakinya - Diana menggambarkan bulimia sebagai "gejala dari apa yang terjadi dalam pernikahan [nya]," dan  menggambarkannya sebagai "penyakit rahasia". 

"Saya menangis minta tolong, tetapi memberikan sinyal yang salah, dan orang-orang menggunakan bulimia saya sebagai mantel di gantungan: mereka memutuskan itulah masalahnya - Diana tidak stabil," katanya.

14. Diana dikabarkan mengkonfrontasi Camilla Parker Bowles tentang perselingkuhannya dengan suaminya, Pangeran Charles

Putri Diana/dok. Pinterest
Putri Diana/dok. Pinterest

Menurut rekaman yang diarsipkan dari National Geographic dan dokumenter, "Diana: In Her Own Words", Putri Diana mendekati Camilla di sebuah pesta setelah curiga atas keterlibatannya dengan suaminya. 

Menurut rekaman, Diana turun ke bawah di mana dia menemukan suaminya berbicara dengan Camilla dan teman lainnya.  Setelah suaminya dan temannya meninggalkan ruangan, Diana memberi tahu Camilla, "Saya hanya ingin kamu tahu bahwa saya tahu persis apa yang sedang terjadi."

Diana kemudian mengingat Camilla yang membela diri dengan mengatakan bahwa Diana memiliki "semua pria di dunia".  Namun, ketika ditanya "apa lagi yang dia inginkan," Diana menjawab dengan mengatakan, "Saya ingin suami saya."

15. Diana memiliki sejumlah teman terkenal 

Di antara teman-teman terkenal sang putri adalah Liza Minnelli, Kurt Russell, Goldie Hawn, Elton John, Freddie Mercury, Christy Turlington, Cindy Crawford, dan Naomi Campbell.

16. Makam Putri Diana dapat ditemukan di sebuah pulau kecil di rumah keluarga Spencer di Althorp di Northampton, Inggris

Setelah kematiannya yang memilukan pada tahun 1997 karena kecelakaan mobil di Paris, Putri Diana dimakamkan di Althorp House di Northampton, yang telah menjadi bagian dari properti keluarga Spencer selama lebih dari 500 tahun.

Monumennya terletak di sebuah pulau kecil yang tenang di seberang danau, di mana pengunjung dapat pergi untuk memberi penghormatan kepadanya.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓