4 Manfaat Memiliki Kemandirian Finansial Bagi Millenial

Imelda Rahma19 Jan 2021, 10:45 WIB
Diperbarui 19 Jan 2021, 10:45 WIB
Finansial

Berbeda dengan generasi sebelumnya, kini anak muda tengah disuguhi oleh banyak tokoh inspiratif yang sukses di usia muda. Tentu saja hal ini menjadi motivasi bagi para pemuda agar memiliki kemandirian finansial sejak usia muda.

Kemandirian finansial bukan melulu soal banyak uang atau penghasilan tetapi juga berbicara mengenai pengelolaannya dan bisa juga tentang cara anak muda berinvestasi sehingga mereka tidak memiliki masalah lagi secara finansial. Dengan mandiri secara finansial, anak muda akan terbebas dari bahaya ketergantungan dan juga pengangguran.

Menjadi wirausahawan muda atau entrepreneur juga kini tengah diminati oleh kaum millennial agar bisa cepat mandiri secara finansial tanpa perlu bergantung lagi pada orangtua maupun perusahaan yang menggunakan konsep gaji dengan segala aturan dan beban kerjanya. Agar kamu semakin termotivasi, kamu perlu tahu manfaat apa saja yang bisa kamu rasakan ketika memiliki kemandirian secara finansial.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 4 manfaat memiliki kemandirian finansial bagi millennial. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Menjadi Pribadi yang Percaya Diri

Menjadi Pribadi yang Percaya Diri
Ilustrasi Kaum Millenial Credit: pexels.com/Dennies

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan ketika memiliki kemandirian secara finansial ialah naiknya rasa percaya diri. Tidak bisa dipungkiri bahwa aset keuangan yang aman membuat orang semakin lebih bahagia dan percaya diri karena mereka tahu bahwa masalah keuangan bukan lagi masalah utama dalam hidup mereka.

Memiliki kemandirian secara finansial juga bisa menaikkan kepercayaan diri karena pada saat itu, kamu bisa membeli kebutuhan apapun yang kamu inginkan tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi keuangan secara berlebihan. Tentu saja hal ini nampak berbeda dengan apa yang dirasakan oleh mereka yang biasa hidup boros dan tidak tahu arti penting dari menabung dan mandiri secara finansial.

Memiliki Dana Cadangan yang Memadai

Memiliki Dana Cadangan yang Memadai
Ilustrasi Dana Cadangan Credit: pexels.com/Tiffin

Manfaat kedua yang bisa kamu rasakan ketika memiliki kemandirian secara finansial ialah memiliki dana cadangan yang memadai. Ingat, kamu perlu menyiapkan dana cadangan mulai dari sekarang sehingga jika ada hal buruk terjadi pada hidupmu, kamu masih memiliki tabungan untuk menyelamatkan diri.

Masih banyak orang yang belum memahami pentingnya dana cadangan, padahal dana ini punya fungsi khusus yang bisa kamu gunakan disituasi tertentu. Dana cadangan juga membuat kamu terhindari dari jerat hutang karena akan selalu ada biaya yang kamu siapkan untuk hal-hal yang tidak terduga.

Menjadi Inspirasi Bagi Banyak Orang

Menjadi Inspirasi Bagi Banyak Orang
Ilustrasi Perempuan yang Mandiri Secara Finansial Credit: pexels.com/Cecille

Manfaat ketiga yang bisa kamu rasakan ketika memiliki kemandirian secara finansial ialah menjadi inspirasi bagi banyak orang. Dewasa ini, kemandirian secara finansial dianggap sebagai kemampuan luar biasa dan merupakan prestasi yang membanggakan.

Oleh karena itu, jika kamu sudah mampu membuktikan diri untuk bisa mandiri secara finansial, pasti hal ini akan banyak dikagumi orang dan kamu bisa menjadi inspirasi bagi mereka bahwa mandiri secara finansial bisa diraih di usia muda. Tentunya kamu bisa menjadi agen penggerak semangat anak muda dalam hal yang positif serta membangun.

Punya Posisi yang Tinggi dan Dipertimbangkan

Punya Posisi yang Tinggi dan Dipertimbangkan
Ilustrasi Perempuan Sukses Credit: pexels.com/Fox

Terakhir, manfaat keempat yang bisa kamu rasakan ketika memiliki kemandirian secara finansial ialah memiliki posisi yang tinggi dan pastinya amat dipertimbangkan, apalagi jika kamu adalah seorang perempuan. Pastinya prestasimu dengan memiliki kemandirian secara finansial akan mengubah pandangan banyak orang tentang perempuan yang dinilai boros dan suka membelanjakan uang.

Memiliki kemandirian secara finansial juga kini sudah menjadi tolak ukur bagi kebanyakan pria untuk mencari pasangan. Tentunya pria menyukai perempuan yang mandiri dan bisa berdiri di kakinya sendiri tanpa perlu bergantung dan terlalu merepotkan orang disekitarnya. Oleh karena itu, jika amu mandiri secara finansial, maka kamu adalah salah satu tipe perempuan idaman banyak pria.

Lanjutkan Membaca ↓