Jangan Terjebak Kencan Online, Ini Tanda Si Dia Adalah Penipu

Nabila Mecadinisa19 Jan 2021, 13:30 WIB
Diperbarui 19 Jan 2021, 13:30 WIB
Kencan online

Fimela.com, Jakarta Baru-baru ini jagat maya dihebohkan oleh predator seksual melalui aplikasi online dengan korban hampir 150 perempuan. Bahkan rumornya, sejumlah perempuan hamil akibat ulah sang predator.

Di era teknologi serba canggih seperti saat ini, aplikasi kencan online memang semakin banyak. Penggunanya juga tak sedikit, bahkan biasanya, setelah berkenalan melalui aplikasi, tak jarang mereka juga bertemu langsung.

Beruntung jika sosok yang kamu temui adalah pribadi yang baik, namun bagaimana jika ia seorang penipu? Agar tidak terjebak saat kencan online malalui aplikasi, simak tips dan triknya, dilansir dari Teenvogue.com.

1. Mereka tidak mengangkat telepon

Kencan Online
Tips agar kamu tidak tertipu kencan online. Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Bertukan nomor telepon tentu hal yang wajar. Coba sesekali untuk berkomunikasi tak hanya melalaui pesan teks, telepon dan bicara langsung akan mengenal kepribadian si dia. Jika telepon kamu tidak diangkat, maka kamu perlu curiga.

2. Ia tidak punya banyak pengikut di media sosial

Perempuan memang unggul dalam hal mengulik fakta. Nah, cara termudah lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa media sosialnya. Cek pengikut dan teman-temannya. Jika ternyata banyak akun palsu, lagi-lagi kamu harus mulai berhati-hati.

3. Menggunakan foto yang tidak sebenarnya

Kencan Online
Tips agar tidak tertipu kencan online. Ilustrasi/copyrightshutterstock/Mila Supinskaya Glashchenko

Yang dimaksud di sini adalah, ia tidak menggunakan fotonya, memakai potret orang lain, atau objek lain. Dengan begitu, menandakan ada sesuatu yang ia sembunyikan.

4. Galeri foto di media sosialnya terlalu sempurna

Ya, di saat ia hanya memperlihatkan hal-hal yang terlalu sempurna, tentu kamu juga harus curiga. Bisa jadi, hal tersebut hanyalah motif untuk dijadikan ilusi.

5. Selalu merayu

Penculikan
Tips agar tidak tertipu kencan online Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Jangan cepat tersanjung, justru kamu perlu waspada jika seorang laki-laki terlalu banyak memuji. Karna bisa jadi, ia hanyalah seseorang yang bermulut manis dengan modus terselubung.

6. Meminta uang

Sudah pasti ini tanda yang sangat nyata dan tak perlu dipertanyakan lagi. Di saat seseorang yang baru kamu kenal menanyakan uang, baik meminjam atau meminta, maka sebaiknya kamu segera sudahi berhubungan dengannya.

 

#Elevate women

Lanjutkan Membaca ↓