5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah yang Bisa Melembapkan Kulit Kering

Kezia Prasetya Christvidya19 Jan 2021, 14:08 WIB
Diperbarui 19 Jan 2021, 17:27 WIB
minyak zaitun-kezo

Fimela.com, Jakarta Minyak zaitun adalah minyak yang berasal dari tanaman zaitun, yang asli terbuat dari mediterania. Minyak zaitun ini sangat terkenal di dunia kecantikan maupun dunia kesehatan.

Karena minyak zaitun merupakan minyak alami, yang memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan, yang dibutuhkan oleh kulit maupun tubuh manusia.

Kandungan yang terdapat di dalam minyak zaitun adalah vitamin E, vitamin K, zat besi dan polifenol yang sangat baik, yang bisa membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh maupun kulit. Berikut manfaat minyak zaitun untuk wajah, yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit. Dilansir dari Liputan6.com:

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

ilustrasi manfaat minyak zaitun/YAKOBCHUK VIACHESLAV/shutterstock
ilustrasi manfaat minyak zaitun/YAKOBCHUK VIACHESLAV/shutterstock

Minyak zaitun yang diperkaya dengan vitamin E, sangat cocok untuk digunakan sebagai produk perawatan kulit wajah. Berikut manfaat minyak zaitun untuk wajah:

Melembapkan Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang pertama, bisa membantu menjaga kelembapan wajah. Minyak zaitun ini cocok digunakan untuk kulit yang kering, karena kandungannya bisa membantu mengembalikan minyak alami di kulit wajah, sehingga tekstur kulit yang kasar bisa menjadi lembap dan halus.

Menghilangkan Keriput

Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid, yang bisa membantu menghilangkan keriput di wajah, akibat proses penuaan dini pada kulit. Penuaan dini pada kulit ini, biasanya disebabkan karena kulit kekurangan cairan seperti kolagen, sehingga keriput dan garis halus diwajah terlihat lebih jelas.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Selanjutnya

ilustrasi manfaat minyak zaitun/ puhhha/shutterstock
ilustrasi manfaat minyak zaitun/ puhhha/shutterstock

Menghilangkan Sisa Riasan

Minyak zaitun bisa digunakan untuk menghapus atau menghilangkan sisa riasan di kulit wajah, yang aman digunakan untuk kulit kering atau sensitif. Tekstur minyak yang lembap pada minyak zaitun ini, bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, tanpa menyebabkan iritasi pada kulit kering dna sensitif.

Menghilangkan Jerawat

Walaupun jerawat bisa saja disebabkan karena kulit berminyak, tetapi minyak zaitun memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan jerawat. Sebab minyak zaitun memiliki kandungan yang anti bakterial, yang bisa membantu membunuh kuman penyebab jerawat, dan mengandung antiinflamasi yang bisa menenangkan peradangan kulit.

Mencerahkan Wajah

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk mencerahkan wajah, karena kandungan antioksidan dan vitamin E yang terdapat di dalam minyak zaitun, bisa mencegah radikal bebas dan sinar UV yang merusak lapisan kulit.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Sesuai Jenis Kulit

ilustrasi manfaat minyak zaitun/Milanana/shutterstock
ilustrasi manfaat minyak zaitun/Milanana/shutterstock

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kulit kering, kulit berminyak hingga kulit yang berjerawat. Agar minyak zaitun bekerja secara optimal, berikut cara menggunakan minyak zaitun sesuai jenis kulit:

Kulit Kering

Kulit kering disebabkan karena kulit kekurangan cairan alami di dalam kulit, seperti minyak alami, air dan kolagen. Kulit kering ini bisa menyebabkan kulit mengelupas, gatal dan mudah iritasi. Untuk mengembalikan kelembapan kulit yang kering, gunakan satu atau dua tetes minyak zaitun dengan pelembap, dan aplikasikan setiap hari ke serluruh wajah.

Kulit Berminyak

Walaupun memiliki tekstur minyak, tetapi minyak zaitun bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang berminyak. Minyak zaitun ini bisa digunakan untuk memijat dan mengontrol produksi minyak di wajah.

Cara menggunakan minyak zaitun di wajah adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ke wajah, setelah wajah dibersihkan dan dikeringkan. Pijat area wajah selama 3 menit dengan ujung jari, diamkan selama semalaman, lalu bilas dengan air hangat di esok harinya.

Kulit Berjerawat

Minyak zaitun memiliki peran yang baik untuk menenangkan peradangan, yang disebabkan karena adanya infeksi di kulit yang berjerawat. Gunakan minyak zaitun ini untuk memijat area wajah selama beberapa menit, setelah itu letakkan handuk hangat ke wajah, bilas minyak zaitun hingga minyak terangkat dari wajah.

Lanjutkan Membaca ↓