Penelitian Membuktikan, Manager Perempuan Bekerja Lebih Baik di Tempat Kerja

Febi Anindya Kirana19 Jan 2021, 15:45 WIB
Diperbarui 19 Jan 2021, 16:16 WIB
perempuan bekerja

Fimela.com, Jakarta Meskipun kesetaraan gender sudah lama diperjuangkan namun masih saja terjadi ketimpangan terhadap perempuan terutama dalam dunia kerja. Banyak orang masih memandang sebelah mata apakah perempuan layak untuk naik jabatan atau ditunjuk sebagai atasan.

Padahal sebuah studi penelitian membuktikan bahwa atasan perempuan yang menduduki posisi sebagai manager ternyata memiliki banyak kelebihan dibandingkan lawan jenisnya yang memegang jabatan sama.

Dilansir dari TIME, penelitian yang dilakukan Gallup dengan judul State of the American Manager: Analytics and Advice for Leaders menemukan bahwa sebanyak 33% karyawan menunjukkan keterlibatan lebih baik dan bersikap proaktif dalam bekerja ketika manajernya adalah seorang perempuan. Sedangkan hanya 25% karyawan saja yang proaktif ketika manajernya seorang pria.

Manajer Perempuan Bekerja Lebih baik dari Lawan Jenisnya

karakter zodiak
ilustrasi perempuan bekerja/photo created by lookstudio - www.freepik.com

Dijelaskan dalam studi bahwa semangat kerja yang lebih baik para karyawan tidak terlepas dari peran manajer perempuan yang ternyata lebih baik dalam memberi semangat dan mendorong anak buahnya untuk maju dan berkembang ketimbang manajer pria.

Dalam studi tersebut dijelaskan bahwa manajer perempuan cenderung lebih antusias dan penuh semangat menjalani pekerjaan daripada rekan kerja mereka yang berjenis kelamin pria. Gallup menemukan bahwa sebanyak 41% manajer wanita merasa lebih terlibat dalam pekerjaan dibandingkan dengan 35% manajer pria, terlepas apakah mereka memiliki anak atau tidak.

Dengan kata lain, manajer perempuan menunjukkan kinerja lebih baik selama menjalani posisi sebagai manager dibandingkan manajer pria, baik sebagai single maupun working mother. Wah, perempuan memang patut berbangga dengan kemampuannya dalam bekerja ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWomen with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓