4 Barang Koleksi yang Bisa Dijadikan Investasi Menarik

Imelda Rahma20 Jan 2021, 09:35 WIB
Diperbarui 20 Jan 2021, 09:35 WIB
Investasi

Saat pandemi seperti sekarang ini, hampir semua orang mengalami krisis keuangan dan ekonomi. Hal ini tentu adalah konsekuensi yang harus ditanggung, sebab pandemi memang melemahkan kondisi ekonomi secara nasional. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara untuk bertahan ditengah pandemi.

Beberapa orang memulai kegiatan menjadi wirausahawan saat pandemi demi memenuhi kebutuhan hidup. Sementara beberapa lainnya memilih untuk belajar menginvestasikan barang-barang koleksi yang dimilikinya. Mungkin hal ini tidak kamu sadari tetapi ada beberapa barang yang sebenarnya bisa kamu jadikan investasi yang menguntungkan.

Tentu saja barang-barang tersebut haruslah memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga dapat diinvestasikan. Dengan mengetahui hal ini, investasi melalui barang koleksi bisa menjadi alternatif pemecahan masalah ekonomi ditengah pandemi.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membahas 4 barang koleksi yang bisa dijadikan investasi menarik. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Tas Branded

Tas Branded
Ilustrasi Tas Branded Credit: pexels.com/Denim

Barang koleksi pertama yang bisa kamu jadikan investasi ialah tas branded. Beruntung kalau kamu telah mengoleksi sejumlah tas branded yang masuk kategori limited edition. Tidak menutup kemungkinan, akan ada yang menawar dengan harga yang lebih tinggi. Rahasianya, coba pilih tas yang memiliki warna klasik dan punya model tak lekang oleh waktu. Contohnya Hermes Kelly dan lainnya.

Tas-tas seperti itulah yang ketika dijual kembali tetap memiliki harga tinggi. Meskipun berganti hari, bulan, hingga tahun. Soalnya tas branded memiliki bahan yang berkualitas tinggi dibanding tas lainnya.

Sepatu Edisi Terbatas

Sepatu dengan Edisi Terbatas
Ilustrasi Sepatu Credit: pexels.com/Mnz

Kedua, barang koleksi kedua yang bisa kamu jadikan investasi ialah sepatu. Pilihan lain yang bisa kamu gunakan sebagai sarana investasi selain tas adalah sepatu. Hanya saja, dalam jangka waktu panjang, nilainya agak berbeda dengan tas. Dengan kata lain, pembelian sepatu untuk investasi lebih baik dijual kembali dalam jangka waktu pendek. Kuncinya adalah perawatan intensif setiap hari.

Banyak sekali sepatu branded keluaran terbaru saat ini. Penggunaannya juga sangat variatif. Ada yang dipakai untuk kebutuhan olahraga, jalan-jalan, hingga naik gunung. Biasanya, sepatu dengan merek terkenal di dunia yang memiliki peminat tinggi. Apalagi kalau sudah berubah status menjadi limited edition atau tidak diproduksi lagi.

Jam Tangan Mewah

Jam Tangan Mewah
Ilustrasi Jam Tangan Credit: pexels.com/Allen

Barang koleksi ketiga yang juga bisa juga kamu jadikan sebagai barang investasi ialah jam tangan. Selain punya daya investasi yang cukup tinggi, jam tangan selalu diidentikkan dengan penampilan modis dan berkelas. Layaknya kaum terpelajar. Tidak heran jika sampai sekarang banyak yang mengoleksi jam dengan merek ternama. Sama seperti tas. Jam tangan branded yang terawat dengan baik bisa memiliki nilai investasi jangka panjang.

Rahasia biar sukses dijual kembali dengan harga mahal adalah dengan memilih jam tangan berbahan emas murni. Jika perlu, pilih yang memiliki taburan dari bahan berlian murni. Tentu harganya semakin tinggi ketika dijual kelak. Meski mulanya mahal, membeli jam tangan limited edition adalah keputusan investasi yang tepat.

Perhiasan

Perhiasan
Ilustrasi Perhiasan Credit: pexels.com/Artem

Terakhir, barang koleksi keempat yang satu ini memang selalu menjadi andalan untuk berinvestasi. Hal ini karena setiap tahun, harga emas serta logam mulia yang dijadikan perhiasan mengalami kenaikan harga.

Selain punya nilai investasi tinggi, dari segi estetika juga sangat mendukung penampilan untuk segala usia. Khususnya untuk kalangan perempuan. Jadi, secara otomatis memiliki fungsi ganda: untuk mempercantik penampilan dan sarana berinvestasi. Daripada membeli barang yang belum tentu punya nilai jual kembali, lebih baik alihkan program belanjamu untuk berinvestasi lewat perhiasan.

Lanjutkan Membaca ↓