10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kezia Prasetya Christvidya21 Jan 2021, 14:26 WIB
Diperbarui 21 Jan 2021, 15:43 WIB
temulawak-kezo

Fimela.com, Jakarta Temulawak adalah tanaman tradisional yang dikenal sebagai tanaman obat. Salah satu tanaman khas Indonesia ini, memiliki bentuk yang menyerupai kunyit.

Temulawak memiliki kandungan kurkumin, yang diperkaya dengan antioksidan yang baik dan memiliki banyak manfaat. Sehingga temulawak sangat populer di dunia kesehatan maupun kecantikan.

Temulawak ini juga memiliki kandungan minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa dan mineral. Temulawak dapat diolah menjadi minuman yang menyehatkan, dan bisa diolah menjada produk perawatan kecantikan, seperti masker wajah. Berikut manfaat temulawak yang dilansir dari Liputan6.com:

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

ilustrasi manfaat temulawak/Macro Stud/shutterstock
ilustrasi manfaat temulawak/Macro Stud/shutterstock

Temulawak adalah salah satu tanaman herbal khas Indonesia, yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza. Temulawak memiliki bentuk tabung dengan diameter 6cm, yang diperkaya dengan kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan:

Mencegah Peradangan

Manfaat temulawak yang pertama adalah untuk mencegah peradangan. Karena temulawak memiliki sifat antiinflamasi, yang berasal dari kandungan kurkumin dan minyak esensial.

Meningkatkan Nafsu Makan

Temulawak memiliki manfaat untuk meningkatkan nafsu makan, terlebih pada anak yang sedang susah makan. Kandungan di dalam temulawak bisa membantu membersihkan lambung, sehingga membuat anak menjadi mudah lapar dan nafsu makan meningkat.

Meningkatkan Fungsi Hati

Hati adalah organ vital yang sangat penting di dalam tubuh. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang terdapat di dalam temulawak, bisa membantu meningkatkan fungsi hati dan mencegah terjadinya penyakit hepatitis.

Mengatasi Maag

Temulawak memiliki kandungan kukurmin, monoterpen dan sekuiterpen, yang baik untuk menyembuhkan sakit maag, serta membantu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh.

Meningkatkan Sistem Imun

Temulawak yang kaya antioksidan ini, bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, karena kandungannya melindungi sel dari serangan virus dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Manfaat Temulawak untuk Kecantikanya

ilustrasi manfaat temulawak/renikustanti/shutterstock
ilustrasi manfaat temulawak/renikustanti/shutterstock

Selain bisa dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, temulawak juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk membuat masker wajah, yang bisa membantu merawat kecantikan kulit. Berikut manfaat temulawak untuk kecantikan:

Mencegah Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Jerawat bisa disebabkan karena faktor perubahan hormone atau gaya hidup yang kurang sehat. Menggunakan temulawak sebagai masker wajah, bisa membantu mempercepat pengeringan jerawat dan mengatasi peradangan jerawat.

Mencerahkan Kulit

Kulit wajah yang terlalu sering terpapar sinar matahari, akan mengalami hiperpigmentasi dan menjadi kusam. Sehingga membutuhkan masker wajah yang terbuat dari temulawak, untuk mengembalikan warna kulit agar lebih cerah.

Meremajakan Kulit

Seiring bertambahnya usia dan terlalu sering terkena radikal bebas, akan membuat kulit mengalami beberapa tanda penuaan dini. Kandungan antioksidan di dalam temulawak, bisa membantu meremajakan kulit dan mempercepat regenerasi sel kulit yang baru.

Melembapkan Kulit

Kulit yang kering biasanya ditandai dengan tekstur kulit yang kasar dan mudah mengelupas. Rutin menggunakan masker temulawak setiap seminggu sekali, bisa membantu melembapkan dan menghaluskan tekstur kulit yang kering.

Menghilangkan Luka

Bekas luka yang terdapat dikulit bisa membuat kulit tampak lebih gelap. Kandungan antiinflamasi yang terdapat pada temulawak, bisa membantu mengeringkan luka dengan cepat, tanpa meninggalkan bekas luka yang menggelap.

Resep Minuman Temulawak

ilustrasi manfaat temulawak/inalasta/shutterstock
ilustrasi manfaat temulawak/inalasta/shutterstock

Bahan yang diperlukan:

  • 100 gram Temulawak segar
  • 50 gram Kencur
  • 40 gram Asam Jawa
  • 200 ml Air
  • 200 gram Gula aren atau gula jawa
  • 4 helai Daun Pandan
  • 20 gram Jitan
  • 2 liter Air Putih

Cara membuat:

  1. Bersihkan temulawak dan kencur, lalu iris-iris dan sangrai irisan di atas wajan sebentar saja.
  2. Kemudian blender temulawak, kencur, asam jawa dan air hingga halus.
  3. Lalu rebus air sebanyak 2 liter, masukkan gula jawa dan daun pandan sampai mendidih.
  4. Setelah itu masukkan rebusan air gula dan daun pandan ke dalam blender yang berisi temulawak dan kencur. Aduk hingga rata.
  5. Langkah terakhir adalah menyaring larutan dan ambil saja sari airnya. Sajikan.
Lanjutkan Membaca ↓