7 Nasihat Pernikahan untuk Pasangan yang Akan Menikah agar Awet hingga Tua

Ayu Puji Lestari21 Jan 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 21 Jan 2021, 15:15 WIB
punya rumah setelah menikah

Fimela.com, Jakarta Menikah bukanlah akhir dari perjalanan, sebaliknya pernikahan adalah awal dari perjalanan cintamu bersama pasangan. Menikah berarti membuka lembaran baru. Memulai segalanya dari awal bersama dengan orang yang mungkin saja berbeda dengan keseharian yang kita lihat.

Pernikahan adalah tentang pengertian. Kesabaran untuk menghadapi pasangan, yang bisa jadi tidak terlihat selama masa PDKT. Dan tidak kalah penting menikah bukan hanya menyatukan dua orang, tapi juga keluarga. Lalu, bagaimana agar pernikahanmu langgeng hingga kakek-nenek? Simak 7 nasihat pernikahan yang bisa kamu baca di sini.

Pernikahan adalah Komitmen Seumur Hidup

Cinta bisa hilang tapi komitmen akan membuatmu bertahan pada pernikahan. Menjaga komitmen dalam pernikahan sangat penting. Maka pastikan sebelum memutuskan menikah buat komitmen dengan pasangan. Ketahui dengan benar alasanmu untuk memutuskan menua bersama.

Luangkan Waktu Bersamanya

Sesibuk apa pun kamu, luangkan waktu untuk mengobrol bersama pasangan. Obrolan bersama pasangan akan meningkatkan kualitas hubungan kalian.

Komunikasi adalah Kunci Hubungan

cinta
ilustrasi jatuh cinta/copyright pexels/Anastasiya Lobanovskaya

Komunikasi adalah kunci sukses satu hubungan, termasuk dalam pernikahan. Pastikan kamu selalu membangun komunikasi yang baik. Jika memang ada masalah sampaikan,  dalam pernikahan bukan lagi saatnya kamu bermain kode dengannya.

Berdebat adalah Hal yang Wajar

Selisih paham dengan pasangan? Bukanlah akhir dunia. Untuk itulah kamu harus membangun komunikasi yang baik dengannya. Jadi saat berdebat, semua perbedaan dapat kamu sampaikan dengan baik dan tanpa ada yang perlu disembunyikan. Kompromi dengan hal yang diperdebatkan akan membuat hubunganmu tetap hangat.

Jangan Pelit Pujian

Memuji pasangan adalah hal yang mudah dilakukan. Tidak ada salahnya memuji setiap hal yang dilakukan pasangan. Selalu ucapkan terima kasih untuk hal-hal kecil yang dilakukan pasangan. Tentu saja ini membuat semakin hangat hubungan kalian.

Belajar untuk Lebih Banyak Mendengar

pasangan jatuh cinta
ilustrasi pasangan jatuh cinta/Photo by Orione Conceição from Pexels

Dalam satu hubungan adalah dua arah bukan searah saja. Belajarlah untuk lebih banyak mendengar dan memerhatikan perkataan pasangan. Jadi, belajarlah untuk tidak hanya mendengar tapi menyimak semua perkataan pasangan. Jika ia membutuhkan saran jangan lupa untuk memberikannya.

Pasangan adalah Prioritas Utama

Dalam pernikahan tidak ada nomor satu maupun dua. Kamu dan pasangan adalah prioritas utama. Jadi, perlakukan ia seperti kamu ingin diperlakukan. Jika kamu lebih peduli dengan kebutuhannya, maka ia pun akan melakukan yang sama untukmu.

Menikah memang bukan perkara mudah. Ada komitmen yang harus ditanggung. Tak ada salahnya mengikuti nasihat di atas, karena dalam pernikahan cinta bukanlah segalanya.

Lanjutkan Membaca ↓