Unsur-Unsur Senam Irama dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Kezia Prasetya Christvidya21 Jan 2021, 15:34 WIB
Diperbarui 21 Jan 2021, 15:43 WIB
senam irama-kezo

Fimela.com, Jakarta Senam irama adalah salah satu cabang olahraga, yang bisa dilakukan perempuan atau laki-laki. Senam irama ini bisa dilakukan secara perorangan maupun berkelompok.

Secara umum, senam irama adalah olahraga dengan gerakan senam yang artistik dan mengikuti irama, yang beerasal dari irima musik, nyanyian, tepukan tangan dan lain sebagainya.

Gerakan yang dilakukan dalam senam irama, bisa dilakukan tanpa alat bantu senam atau dengan alat bantu senam seperti bola, pita, tali, gada dan simpai. Berikut unsur-unsur yang terdapat di dalam senam irama dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, dilansir dari Bola.com:

Pengertian Senam Irama

ilustrasi senam irama/Andrey_Popov/shutterstock
ilustrasi senam irama/Andrey_Popov/shutterstock

Senam irama adalah salah satu cabang olahraga, yang pertama kali digagas pada abad ke 18 oleh Francois Delsarte, Jean-Georges Noverre dan Rudolf Bobe.

Seiring berkembangnya waktu, gerakan senam yang tadinya hanya gerakan bebas ini, mulai dikembangkan menjadi senam irama oleh Peter Henry Ling, Catharine Beecher dan Hinrich Medau.

Senam irama juga bisa disebut dengan senam ritmik, yang gerakannya diambil dari gerakan balet. Senam irama ini dijadikan sebagai ajang olimpiade atau pertandingan berskala internasional.

Unsur-Unsur Senam Irama

ilustrasi senam irama/George Dolgikh/shutterstock
ilustrasi senam irama/George Dolgikh/shutterstock

Senam irama merupakan gerakan koreografi yang bisa dilakukan tanpa alat, atau menggunakan alat seperti tali, pita, bola, gada dan simpai.

Secara umum, senam irama ini memiliki unsur-unsur, seperti kelenturan, keseimbangan, keluwesan, fleksibilitas, kontinuitas dan ketepan.

Unsur paling penting yang tak boleh dilupakan, untuk menjadikan gerakan menjadi lebih indah adalah ketepatan gerakan dengan musik, kelenturan dan kontinuitas gerakan dengan musik.

Jenis Gerakan Senam Irama

ilustrasi senam irama/Dragon Images/shutterstock
ilustrasi senam irama/Dragon Images/shutterstock

Senam irama memiliki beberapa jenis gerakan. Jenis gerakan pertama adalah gerakan yang di koreografi tanpa menggunakan alat, tetapi menekankan gaya gerakan, teknik gerakan yang sesuai dan eksekusi kemampuan dalam menari.

Jenis gerakan kedua dalam senam irama yaitu gerakan menggunakan tali, yang gerakannya lebih lincah seperti gerakan melompat, melempar, berayun, memutar dan membentuk angka 8.

Jenis gerakan yang ketiga adalah gerakan yang menggunakan simpai, yaitu benda yang terbuat dari plastik atau rotan yang berbentuk lingkaran. Jenis gerakan keempat adalah gerakan senam irama yang menggunakan bola karet dengan diameter 18 hingga 20cm.

Jenis gerakan yang kelima adalah menggunakan tongkat, dengan cara menggerakan atau menghentakkan tongkat, melempar dan menangkap tongkat. Lalu gerakan senam irama yang terakhir adalah menggunakan pita dengan panjang 6m, dengan gerakan berayun atau berpola spiral dan lingkaran.

Manfaat Senam Irama

ilustrasi senam irama/wavebreakmedia/shutterstock
ilustrasi senam irama/wavebreakmedia/shutterstock

Senam irama yang memiliki gerakan indah dan artistik ini, ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut manfaat senam irama untuk kesehatan:

Membakar Lemak

Manfaat pertama melakukan senam irama, yaitu untuk membantu proses pembakaran lemak dan kalori yang ada di dalam tubuh, sehingga membantu mengontrol berat badan agar tetap ideal.

Membentuk Otot

Manfaat senam irama yang selanjutnya, yaitu membantu menguatkan jaringan otot, mengurangi ketegangan otot dan membantu menguatkan otot yang lemah. Otot yang lentur dan terbentuk, bisa membantu tubuhmu tetap kuat dan mencegah terjadinya cidera saat mengangkat beban berat.

Menyehatkan Mental

Senam irama bermanfaat untuk membantu mengatasi stress, menjaga kesehatan mental dan meningkatkan fungsi otak. Walaupun stres adalah kondisi yang umum dialami setiap orang, tetapi terlalu stres bisa menyebabkan gangguan mental.

Perpaduan irama dengan gerakan dalam senam ini, bisa menurunkan hormon epineprin dan kortisol penyebab stres, tetapi bisa meningkatkan hormon endorphin yang membantu menaikkan suasana hati menjadi bagus.

Menguatkan Jantung

Berbagai macam gerakan yang terdapat pada senam irama, bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Karena irama dan gerakan dalam senam ini, membantu menstabilkan pompa darah dalam jantung dan melancarkan aliran darah, sehingga terhindar dari penyakit serangan jantung atau stroke.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi saat kepadatan tulang berkurang, yang disebabkan karena cedera tulang. Gerakan-gerakan yang terdapat di dalam senam irama, bisa membantu melatih dan menguatkan tulangmu, agar terhindar dari osteoporosis.

Lanjutkan Membaca ↓