Tips Menumis Kangkung Agar Tidak Hitam dan Tetap Segar

Kezia Prasetya Christvidya21 Jan 2021, 17:15 WIB
Diperbarui 21 Jan 2021, 17:15 WIB
kangkung-kezo

Fimela.com, Jakarta Tumis kangkung adalah masakan sederhana, yang sangat mudah untuk dibuat dan menyehatkan. Bahan untuk membuat tumis kangkung ini juga mudah didapatkan dengan harga yang ekonomis.

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran, yang tinggi vitamin dan antioksidan, sehingga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, cocok untuk menurunkan berat badan dan membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Walaupun tumis kangkung sangat mudah untuk di buat, tetapi ada tips dan trik khusus untuk membuat sayur kangkung tidak cepat berubah warna dan layu saat ditumis. Berikut tipsnya yang dilansir dari berbagai sumber:

Manfaat Kangkung

ilustrasi manfaat kangkung/Aris Setya/shutterstock
ilustrasi manfaat kangkung/Aris Setya/shutterstock

Kangkung adalah jenis sayuran hijau yang termasuk dalam jenis bayam hijau. Sayuran kangkung ini memiliki kandungan karbohidrat, protein, serat, kalium, kalsium, zat besi, natrium dan fosfor.

Kandungan yang terdapat di dalam kangkung tersebut, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, karena bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah penyakit anemia, mencegah penyakit jantung dan mencegah diabetes.

Selain itu, sayur kangkung juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan mata, meningkatkan sistem kerja otak dan membantu menghidrasi tubuh.

Tips Menumis Kangkung Agar Tidak Hitam

ilustrasi tips menumis kangkung/Kristanti/shutterstock
ilustrasi tips menumis kangkung/Kristanti/shutterstock

Sayur kangkung sangat mudah layu dan warnanya bisa berubah hitam saat ditumis. Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips yang bisa diikuti agar kangkungmu tetap hijau dan segar:

Rebus Setengah Matang

Untuk mencegah over cooking, rebuslah bumbu tumisan dengan air terlebih dahulu. Setelah itu masukkan kangkung hijau yang sudah dicuci terlebih dahulu. Diamkan kangkung tercampur rata dengan bumbu selama 1 menit, lalu angkat dan tiriskan.

Tumis Batangnya Terlebih Dahulu

Tips yang kedua adalah dengan memasukkan batang kangkung terlebih dahulu, setelah air dan bumbu tumisan hampir matang. Kemudian setelah batang kangkung empuk, masukkan daun kangkung sebentar saja, lalu angkat dan sajikan.

Gunakan Hotplate

Tips yang terakhir adalah menggunakan hotplate. Langkah pertama adalah memanasi hotplate terlebih dahulu, lalu siapkan bumbu tumisan yang sudah matang, tata daun kangkung di atas hotplate dan sirami dengan bumbu tumisan. Sajikan. 

Resep Tumis Kangkung

ilustrasi resep tumis kangkung/Amallia Eka/shutterstock
ilustrasi resep tumis kangkung/Amallia Eka/shutterstock

Bahan yang diperlukan:

  • 1 ikat kangkung, potong-potong
  • 3 sdm tauco
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdt kecap manis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 buah cabai merah, iris serong
  • 3 buah cabai rawit, iris serong
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdm ebi, goreng
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • garam dan gula secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan bumbu dan tumis semua bumbu hingga harum.
  2. Setelah bumbu tumisan hampir matang, masukkan kangkung yang sudah dipotong-potong, biarkan bumbu meresap selama 1 menit.
  3. Angkat dan sajikan.
Lanjutkan Membaca ↓