Mengenal Apa itu Cinta dengan Diri Sendiri, Sebelum Mencintai Orang Lain

Kezia Prasetya Christvidya22 Jan 2021, 08:57 WIB
Diperbarui 22 Jan 2021, 08:57 WIB
self love-kezo

Fimela.com, Jakarta Sebelum mencintai orang lain, kita harus mengenal dan mencintai diri kita sendiri. Karena kalau kita tidak bisa mencintai diri sendiri, maka kita tidak akan bisa mencintai orang lain.

Dalam menjalani sebuah kehidupan, cinta itu sering muncul di dalam perasaan maupun ungkapan, dan memberikan berbagai macam pengalaman yang tak bisa dilupakan.

Cinta itu bisa hadir seiring berjalannya waktu, karena kebiasaan atau karena ketidak sengajaan. Cinta itu memiliki banyak arti, karena cinta adalah suatu kebebasan untuk setiap orang bisa merasakan, menafsirkan dan meyakini tentang perasaan cinta tersebut.

Cinta adalah sebuah kekuatan dan perasaan khusus, yang bisa membuat suasana hati dan perasaan berubah-ubah. Bahkan cinta bisa membuat seseorang menjadi lemah dan hidup lebih dramatis. Untuk mengenal lebih jauh lagi tentang cinta, yuk simak artikel berikut ini, yang Fimela rangkum dari berbagai sumber:

Arti Cinta

ilustrasi arti cinta/cottonbro/pexels
ilustrasi arti cinta/cottonbro/pexels

Menurut James Drever, dari buku The Penguin Dictionary of Psychologi, cinta adalah perasaan khusus yang menyangkut kesenangan terhadap objek atau melekat pada objek, yang berwarna emosional bila muncul dalam pikiran, dan dapat membangkitkan keseluruhan emosi primer sesuai dengan emosi dimana objek itu berada.

Sering kali kita mendengar kalimat mencintai orang lain tanpa dicintai orang lain. Jika kamu merasa mencintai tetapi muncul rasa berkorban dan minta timbal balik, berarti kamu belum mencintai objek tersebut dengan tulus, ikhlas dan sepenuh hati.

Sebenarnya cinta itu bisa membawa hati dan perasaan kita menjadi lebih menyenangkan. Jika kita bisa mengendalikan perasaan cinta itu. Cinta tidak akan membawa perasaan yang menyakitkan, kalau kita bisa mencintai orang lain tetapi tidak melebihi cinta dengan diri kita sendiri.

Sebelum mencintai orang lain, ada baiknya kita mencintai diri sendiri terlebih dahulu, sehingga saat mencintai orang, kita akan tetap sadar diri dan tidak lepas kendali atau kehilangan diri kita sendiri.

Cara Mencintai Diri Sendiri

ilustrasi cara mencintai diri sendiri/Ava Motive/pexels
ilustrasi cara mencintai diri sendiri/Ava Motive/pexels

Kadar cinta terhadap diri sendiri sebenarnya dapat diukur, dengan munculnya perasaan yang selalu damai, hati yang nyaman, suasana hati bahagia dan tidak merasa khawatir terhadap suatu hal. Karena saat kamu mencintai diri sendiri, kamu akan yakin dan optimis bahwa diri kamu mampu melewati segala sesuatu yang terjadi.

Memang benar mencintai diri sendiri itu tidak mudah, karena membutuhkan kesabaran, kesadaran, kebaikan, pikiran positif dan percaya diri, seperti halnya saat kita belajar mencintai orang lain.

Cara mencintai diri sendiri bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti melakukan meditasi, olahraga rutin, bergaul dengan teman yang membawa dampak positif, berbicara positif dengan diri sendiri, bersyukur dalam segala hal dan tidak menghakimi atau memandang rendah diri sendiri.

Manfaat Mencintai Diri Sendiri

ilustrasi manfaat mencintai diri sendiri/Hassan OUAJBIR/pexels
ilustrasi manfaat mencintai diri sendiri/Hassan OUAJBIR/pexels

Saat kita sudah mencintai diri sendiri, maka diri kamu akan memancarkan aura yang positif, sehingga kamu bisa memulai mencintai dan dicintai orang lain, dengan pandangan yang positif dan tidak lepas kendali dengan dirimu sendiri.

Mencintai diri sendiri memiliki manfaat yang bisa membantu menyehatkan mental, karena saat kamu mencintai diri sendiri, kamu akan mengenal perasaanmu, bisa mengontrol perasaan cemas dan menemukan jalan untuk menghadapi masalah, agar tidak mudah marah, stres atau depresi yang berkepanjangan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan psikis atau mental, manfaat mencintai diri sendiri juga berdampak terhadap kesehatan fisik. Karena saat kamu memutuskan untuk mencintai diri sendiri, maka kamu akan menjalankan kehidupan yang lebih sehat dan lebih rajin untuk berolahraga serta mengonsumsi makanan yang menyehatkan.

Hal yang Harus Dihindari Saat Memulai Mencintai Diri Sendiri

ilustrasi mencintai diri sendiri/ Andrea Piacquadio/pexels
ilustrasi mencintai diri sendiri/ Andrea Piacquadio/pexels

Self love atau mencintai diri sendiri bukan berarti memunculkan perasaan yang egois, yang tidak peduli dengan orang lain. Justru dengan mencintai diri sendiri, kamu bisa belajar untuk menghargai dan peduli dengan orang lain.

Saat kamu mencintai dirimu sendiri, hindari membandingkan dirimu sendiri dengan kelebihan orang lain, karena setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Daripada sibuk membandingkan dengan orang lain, lebih baik kamu fokus dengan kelebihan yang kamu miliki, kembangkan kelebihanmu dan pelan-pelan memperbaiki kekuranganmu.

Hindari juga bergaul dengan orang yang memiliki aura negatif, yang lebih suka menghina atau merendahkan orang lain. Bergaul dengan lingkungan negatif, akan membuatmu terasa lebih lelah, perasaan lebih sensitif dan kehilangan dirimu sendiri.

Walaupun saat mencintai diri sendiri bisa dilakukan dengan self reward, bukan berarti kamu lebih konsumtif dan membelanjakan uangmu untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Ada baiknya kamu memberikan self reward berupa pujian untuk diri sendiri, menggunakan uangmu untuk meningkatkan keahlian atau membeli barang yang kamu butuhkan bukan yang diinginkan.

Lanjutkan Membaca ↓