6 Penyebab Perempuan Susah Hamil yang Jarang Diketahui

Imelda Rahma22 Jan 2021, 10:45 WIB
Diperbarui 22 Jan 2021, 10:45 WIB
Kehamilan

Segera memiliki anak setelah menikah adalah harapan dan impian banyak perempuan. Namun, dalam untuk beberapa kondisi tertentu, perempuan bisa saja mengalami kesulitan untuk hamil. Hal ini jelas ada kaitannya dengan kesehatan dan kesuburan dari istri maupun suami.

Selama ini fenomena susah hamil untuk pasangan yang sudah menikah selalu dikaitkan dengan kesuburan, padahal ada penyebab lainnya yang juga ikut memengaruhi. Sayangnya, hal ini jarang disadari bahkan terkesan diabaikan. Alhasil, pasangan suami istri bisa menjadi stres dan bingung karena tidak mengetahui penyebab susah hamil yang dialami sang istri.

Oleh karena itu, menjadi penting untuk kamu yang tengah mengharapkan momongan tetapi sulit untuk hamil tahu penyebab apa saja yang memengaruhi perempuan menjadi susah hamil. Semakin cepat kamu tahu informasinya, maka kamu bisa mulai mengidentifikasi hal apa saja yang perlu dihindari ataupun diobati.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut Fimela.com akan mengulas 6 penyebab perempuan susah hamil yang jarang diketahui. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Adanya Sumbatan Pada Tuba Falopi

Adanya Sumbatan Pada Tuba Falopi
Ilustrasi Pemeriksaan Kandungan Credit: pexels.com/Claire

Penyebab perempuan susah hamil yang pertama ialah karena adanya sumbatan pada tuba falopi. Mengalami masalah pada sumbatan tuba falopi jelas akan menjadi penyebab perempuan susah hamil. Hal ini disebabkan karena saluran tuba merupakan organ reproduksi yang menghubungkan ovarium dan rahim. Saluran tuba lah yang akan membawa telur dari ovarium ke rahim.

Jika terjadi sumbatan tuba falopi, maka sel telur tak bisa dibuahi oleh sperma. Implantasi hingga kehamilan menjadi mustahil untuk terjadi. Menurut sebuah laporan dari Advanced Fertility Center of Chicago, sekitar 20 hingga 25 persen dari semua kasus infertilitas yang didiagnosis di AS berasal dari faktor tuba.

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
Ilustrasi Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) Credit: shutterstock.com

Penyebab perempuan susah hamil yang kedua ialah diakibatkan oleh kondisi polycystic ovary syndrome. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) merupakan kondisi ketika perempuan kelebihan hormon pria. Hal ini membuat penurunan kemampuan indung telur untuk matang dan melepaskan ke saluran tuba. Selain mengalami menstruasi tidak teratur, kondisi ini pun menjadi penyebab perempuan susah hamil.

Sayangnya, banyak pengidap PCOS tidak menyadari keadaannya. Penelitian terbaru menunjukkan perubahan gaya hidup sehat bisa menjadi solusi penyembuhan. Misalnya saja seperti penurunan berat badan, olahraga, dan diet rendah karbohidrat.

Kondisi Ovarium yang Rendah dan Lemah

Kondisi Ovarium yang Rendah dan Lemah
Ilustrasi Ovarium dalam Kondisi Lemah Credit: pexels.com/Hail

Penyebab perempuan susah hamil yang ketiga ialah dikarenakan kondisi ovarium yang rendah dan lemah. Hal ini disebabkan karena rendah berkaitan dengan berkurangnya jumlah dan kualitas telur. Dapat berarti pula, perempuan dengan kondisi ini akan menghasilkan lebih sedikit embrio dan tingkat kehamilan sangat rendah.

Cadangan ovarium yang berkurang dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia. Tes deteksi tingkat hormon dapat menentukan apakah perawatan infertilitas diperlukan. Namun,tes ini harus digunakan untuk membahas prognosis dengan pasien sebelum perawatan infertilitas dimulai.

Kelebihan Berat Badan

Kelebihan Berat Badan
Ilustrasi Kelebihan Berat badan Credit: pexels.com/Cardio

Penyebab perempuan susah hamil yang keempat ialah dikarenakan kondisi kelebihan berat badan. Selain memicu penyakit berbahaya, obesitas pun bisa menjadi penyebab perempuan susah hamil. Obesitas bisa pengaruhi kesuburan perempuan.

Berat badan yang berlebih juga akan memengaruhi hormon. Sama seperti ketika kekurangan berat badan. Perempuan obesitas akan mengalami penurunan fungsi ovarium. Perempuan dengan obesitas pun sangat berisiko mengalami PCOS.

Hobi Berolahraga Berat

Hobi Berolahraga Berat
Ilustrasi Berolahraga Credit: pexels.com/Bruce

Penyebab perempuan susah hamil yang kelima ialah karena hobi berolahraga yang berat dan berlebihan. Olahraga secara berlebihan akan berbahaya, terutama bagi perempuan yang ingin segera mendapat kehamilan. Pengaruhi kesuburan dan pelepasan sel telur.

Olahraga berat bisa menjadi penyebab perempuan susah hamil. Hal ini disebabkan karena tingkat kesuburan perempuan menurun drastis. Menurut penelitian Norwegian University of Science and Technology di 2010, olahraga berlebihan sebabkan perempuan menggunakan energi kehamilan.

Menopause Prematur

Menopause Prematur
Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan Credit: pexels.com/lab

Terakhir, menopause prematur bisa menjadi penyebab perempuan susah hamil. Menopause ini terjadi saat perempuan mengalami diusia sebelum 45 tahun. Kondisi menopause jelas akan membuatnya tak akan bisa hamil.

Perempuan yang sudah menopause artinya tak lagi menghasilkan sel telur. Perempuan yang tak bisa menghasilkan sel telur tak mungkin mengalami kehamilan. Meskipun beberapa perempuan ada yang mengandalkan sumbangan telur demi kehamilan.

Menopause prematur ini harus diwaspadai agar bisa segera ditangani. Gejala yang akan dialami perempuan, yakni menstruasi tidak teratur dan kekeringan vagina. Beberapa ada yang hot flashes dan sering mengalami perubahan mood.

Lanjutkan Membaca ↓