4 Cara Cerdas Membatasi Diri dari Layar Elektronik saat Bekerja

Gayuh Tri Pinjungwati22 Jan 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 22 Jan 2021, 13:15 WIB
kerja

Fimela.com, Jakarta Kita semua tahu apa arti bekerja dari rumah selama pandemi, waktu menonton layar tanpa henti sepanjang hari. Saat kita terus memusatkan perhatian pada layar setiap kali kita mengerjakan lembar excel atau saat melakukan presentasi dengan panggilan Zoom, hal itu dapat menyebabkan masalah seperti sakit kepala, masalah mata, dan bahkan membahayakan kesehatan mental dan tidurmu. Jadi, berikut adalah beberapa cara untuk mengontrol waktu pemakaian perangkat yang berbahaya.

Cari Tahu Pekerjaan yang Memakan Waktu

Cari tahu dan analisis di mana dirimu menghabiskan sebagian besar waktumu. Untuk memahami kebiasaanmu, dokumentasikan di mana dan apa yang telah dirimu lakukan. Memperkirakan waktu bermain game, atau waktu kerja dapat memberi dirimu petunjuk tentang di mana harus berhenti, pada waktu yang tepat.

Pilih Salah Satu Prioritas

Pikirkan tentang apa yang lebih penting daripada dirimu menghabiskan seluruh waktu di depan layar. Tetapkan prioritasmu dengan jelas dan sisihkan waktu untuk teman dan keluarga, tujuan pribadimu, yang tidak melibatkan penggunaan layar. Seimbangkan pekerjaan dan kurangi waktu layar dengan lebih sering bersosialisasi dan berbicara dengan teman-temanmu, melalui panggilan audio.

Matikan Notifikasi

Kerja
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Matikan Notifikasi

Atur pengingat di ponsel untuk membungkam semua notifikasi kerja yang terus-menerus muncul di ponsel. Hindari melihatnya setelah waktu tertentu pada hari itu dan fokuslah pada aktivitas lain yang tidak termasuk melihat ponselmu. Dirimu dapat menghindari email kantor setelah selesai dengan jam kerjamu.

Ambil Waktu Istirahat

Alih-alih melanjutkan dari layar kerja ke video YouTube atau situs game, jadwalkan waktu tersebut untuk rehat yang dapat dirimu lakukan dengan minum kopi sambil berdiri di dekat jendela, atau bahkan saat berjalan. Cobalah istirahat lima menit setiap jam dan pastikan tidak selalu mengecek notifkasi ponsel.

Terkadang bekerja dari rumah membuatmu menjadi lebih banyak waktu yang dirimu habiskan dengan menonton layar. Namun, cobalah untuk mengurangi kebiasaan buruk itu demi kesehatanmu.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓