5 Cara Cerdas Membayar Tagihan Kartu Kredit Paling Efektif

Gayuh Tri Pinjungwati22 Jan 2021, 15:20 WIB
Diperbarui 22 Jan 2021, 15:20 WIB
credit card

Fimela.com, Jakarta Pernah bertanya-tanya apakah hutang kartu kredit adalah penyebab dirimu berada dalam situasi keuangan yang buruk? Dirimu tidak dapat menikmati aktivitas menyenangkan karena sebagian besar uangmu digunakan untuk pembayaran hutang. Efek dari pengelolaan hutang yang ceroboh bisa menjadi masalah besar untuk dirimu. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantumu dalam mengelola membayar hutang kartu kredit.

Bayar Lebih dari Minimum

Banyak orang hanya membayar minimum bulanan pada kartu kredit mereka. Sungguh, itu adalah jumlah yang tepat untuk tetap berhubungan baik dengan perusahaan kartu kredit. Tetapi dirimu memerlukan pendekatan yang berbeda jika ingin mencapai kemandirian finansial dalam waktu singkat.

Hal baiknya adalah pembayaran kartu kredit minimum terjangkau dalam banyak kasus. Dengan membayar jumlah yang lebih tinggi, dirimu mengurangi biaya bunga, mengurangi periode pinjaman, dan meningkatkan nilai kreditmu.

Mulailah dengan Hutang Kartu Kredit Berbunga Tinggi

Jika dirimu memiliki lebih dari satu hutang kartu kredit, prioritaskan menyisihkan uang ekstra untuk hutang dengan bunga tertinggi. Strategi pelunasan utang ini, sangat penting agar terbebas dari utang dengan cepat.

Pertama, dirimu perlu mencatat semua hutang kartu kredit yang dirimu miliki sesuai dengan suku bunganya. Selanjutnya, pilih salah satu dengan bunga tertinggi dan membayar jumlah yang signifikan setiap bulan. Jumlahnya bisa dua kali atau bahkan tiga kali lebih besar dari pembayaran minimum. Pada saat yang sama, dirimu melakukan pembayaran minimum bulanan atas hutang lainnya.

Tinjau Kembali Anggaranmu

keuangan
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Pormezz

Penganggaran berguna untuk melacak pergerakan keuanganmu. Setelah dirimu membuat anggaran, beberapa penyesuaian selama prosesnya dapat membuatnya berjalan dengan baik. Satu situasi yang mengharuskanmu untuk meninjau kembali anggaranmu adalah ketika dirimu berjuang dengan hutang. Mungkin sedikit menyakitkan untuk memangkas beberapa pengeluaran. Tetapi dirimu juga tidak ingin ketinggalan mencapai kebebasan finansial dalam jangka panjang.

Hindari Menggunakan Kartu Kredit

Ingin tahu bagaimana cara melunasi hutang kartu kredit dengan penghasilan rendah? Salah satu cara sederhana adalah berhenti menggunakannya. Memiliki kartu kredit ke mana pun dirimu pergi berarti dirimu akan lebih tergoda untuk membeli barang yang tidak perlu. Dalam kasus ini, dirimu membelanjakan uang yang sebenarnya tidak dirim umiliki dan semakin terperangkap dalam hutang.

Perbaikan tercepat untuk menghentikan penumpukan hutang adalah membelanjakan uang tunai. Dirimu lebih sadar akan segala sesuatu yang dirimu mampu beli pada waktu tertentu. Jika memutuskan untuk menyimpan satu atau dua kartu untuk memudahkan transisi, selalu buat pilihan yang bijak. Misalnya, gunakan hanya saat mengalami kesulitan keuangan.

Mulailah Pekerjaan Sampingan untuk Meningkatkan Penghasilan

Setiap orang memiliki sesuatu yang mereka kuasai dengan baik. Dirimu dapat menggunakannya untuk menghasilkan pendapatan tambahan untuk membayar hutang kartu kreditmu. Lihatlah lingkungan sekitarmu, dirimu dapat menemukan beberapa peluang bisnis sampingan.

Nah, berikut tadi beberapa tips yang dapat membantu Sahabat Fimela untuk melunasi hutang kartu kredit dengan cepat dan mudah. Tentunya, jangan mudah tergoda untuk membelenjakan hal-hal yang tidak perlu saat menggunakan kartu kredit.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓