Isi Waktu Luang di Rumah, Survey Tunjukkan 5 Hobi Ini Jadi Tren selama Pandemi

Karla Farhana25 Jan 2021, 11:30 WIB
Diperbarui 25 Jan 2021, 11:30 WIB
Hobi

Fimela.com, Jakarta Pandemi mendorong masyarakat menjadi semakin kreatif untuk mengisi waktu luang di rumah. Bukan hanya karena adanya aturan pembatasan sosial, tetapi masyarakat kini juga sudah peduli untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri sendiri serta orang-orang di sekitarnya yang dicintai. 

Dalam mengisi waktu luang di rumah, masyarakat di Indonesia mulai mencari berbagai aktivitas yang aman namun dapat membunuh rasa bosan. Tak jarang masyarakat akhirnya mencoba berbagai aktivitas yang baru baginya yang akhirnya menjadi hobi baru. 

Tokopedia pun melakukan sebuah survey mengenai berbagai kegiatan apa saja yang kini menjadi trending hobbies bagi masyarakat. Berikut ini, 5 hobi yang semakin populer menurut survey Tokopedia. 

1. Olahraga

Pandemi juga mendorong masyarakat untuk menjalani hidup yang lebih sehat, salah satunya dengan berolahraga. Tokopedia melihat hobi baru yang muncul di masyarakat antara lain bersepeda, fitness, memancing, mendaki, dan berkemah serta sepakbola atau futsal menjadi olahraga yang paling digemari. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan pada kategori Sport dan Hobbies hampir 2 kali lipat dibandingkan di tahun 2019. 

2. Membaca Buku

membaca buku
Ilustrasi membaca buku | pexels.com/@lina

Transaksi pada sub kategori Buku juga mengalami peningkatan hampir dua kali lipat. Ini menunjukkan, masyarakat juga semakin gemar membaca buku selama pandemi melanda. Buku yang paling banyak dibeli adalah buku tentang religi, pengembangan diri, novel, dan sastra dan buku remaja/anak. 

3. Berkebun 

Berkebun juga merupakan salah satu hobi yang paling digemari selama pandemi. Bahkan, kenaikan transaksi pada sub kategori Taman sepanjang 2020 naik 4 kali lipat. 

4. Melukis

Ketiga tren hobi di atas bukan hobi baru. Namun, melukis nampaknya menjadi tren hobi baru karena cukup menarik dan membantu orang untuk berpikir tenang. Seperti paint by numbers, yang diminati karena teknik melukis yang mengikuti angka pada gambar. Tingginya minat masyarakat untuk melukis terbukti pada kenaikan penjualan sub kategori Office & Stationery di Tokopedia. 

5. Memasak

Di acara Tokopedia WIB TV Show pada November 2020, salah satu personil BLACKPINK, Lisa, mengaku memasak menjadi hobi baru yang ia tekuni selama pandemi. Jennie juga membagikan tips dalam mengatur api untuk memasak nasi goreng kimchi yang enak.

Hobi memasak pun terus digemari masyarakat di tengah pandemi. Hal ini terlihat padapenjualan kategori Home & Living di Tokopedia yang meningkat lebih dari 2x lipat selama 2020, dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian bahkan menciptakan peluang dengan hobi baru yang muncul selama pandemi. Salah satunya melalui kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang diadakan setiap tanggal 25 hingga akhir setiap bulan,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

#elevate women

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓