Menurut Sebuah Survei, Kualitas Hubungan Seperempat Orang Dewasa Meningkat selama Pandemi

Endah Wijayanti23 Jan 2021, 09:57 WIB
Diperbarui 23 Jan 2021, 09:57 WIB
punya rumah setelah menikah

Fimela.com, Jakarta Selama pandemi, ada banyak perubahan dan penyesuaian yang perlu dilakukan. Termasuk dalam berkomunikasi dan menjalani keseharian dengan pasangan. Ada survei menarik yang menemukan bahwa seperempat orang dewasa meningkat selama pandemi covid-19.

Melansir laman independent.co.uk, menurut sebuah survei yang melibatkan 1.319 orang dewasa yang dilakukan oleh Open University, 26% partisipan mengatakan kualitas hubungan mereka meningkat antara bulan Maret dan Juli/awal Agustus 2020. Dari para responden yang mengatakan kualitas hubungan mereka meningkat, sebagian memaparkan mereka memaksimalkan kualitas hubungan yang dimiliki bersama pasangan, selain bisa menghabiskan lebih banyak waktu berbicara, saling memberi dukungan emosional dan memberi bentuk perhatian yang lebih banyak. Di sisi lain, 11% partisipan survei mengatakan kualitas hubungan mereka memburuk pada periode waktu yang sama.

 

Saling Membantu Pekerjaan Rumah selama Pandemi

mencinta diri sendiri dan orang lain
ilustrasi pasangan cinta/Photo by unsplah Pablo

Dari survei yang sama, 45% pria dan 36% perempuan yang menjadi responden mengatakan mereka lebih banyak saling bantu dalam urusan pekerjaan rumah selama pandemi. Awalnya Open University memperkirakan kualitas hubungan asmara akan menurun selama pandemi di tengah mayoritas kualitas hubungan lain akan tetap sama seperti sebelum pandemi.

Dr Gabb, seorang chief relationship officer di aplikasi Paired mengomentari hasil survei tersebut. Ia memaparkan, "Komunikasi jelas menjadi kunci saat berkaitan dengan hubungan yang berhasil." Dalam sebuah hubungan, penting sekali untuk berbicara, membahas isi perasaan masing-masing, dan tidak terus memendam masalah. Dengan begini, komunikasi bisa tetap terjaga dan kualitas hubungan dapat meningkat.

Kondisi pandemi memang akan mengubah banyak aspek dalam kehidupan kita. Meski kadang tidak mudah untuk menyesuaikan diri di tengah pandemi, tetapi semoga kualitas hubungan kita dengan orang-orang terdekat kita bisa tetap terjaga dengan baik, ya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓