Jangan Kasih Kendor, Maksimalkan Pencegahan Covid-19 dengan Upaya Mandiri Berikut Ini

Wuri Anggarini25 Jan 2021, 00:01 WIB
Diperbarui 25 Jan 2021, 00:01 WIB
Jangan Kasih Kendor, Maksimalkan Pencegahan Covid-19 dengan Upaya Mandiri Berikut Ini

Fimela.com, Jakarta Penanganan Covid-19 masih jadi hal yang terus diupayakan pemerintah dan berbagai lapisan masyarakat agar situasi pandemi segera berakhir. Vaksinasi memang sedang jadi topik yang hangat diperbincangkan untuk mencegah penularan. Herd immunity atau kekebalan kelompok juga menjadi topik yang ramai diperbincangkan di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Inggris.

Herd Immunity sendiri adalah kondisi saat sebagian populasi di suatu area mengembangkan kekebalan terhadap wabah penyakit tertentu. Jadi, penyakit tersebut sulit menyebar dan menginfeksi. Seberapa banyak populasi yang dibutuhkan untuk mencapai herd immunity memang bergantung pada tingkat penularan. WHO menyebutkan untuk mencegah campak, diperlukan sekitar 95% populasi yang tervaksinasi. Sementara itu, dikutip dari New York Times, untuk mencapai herd immunity pada Covid-19 dibutuhkan sekitar 70% populasi yang harus mengembangkan kekebalan.

Metode herd immunity dengan vaksin sendiri dinilai menjadi solusi yang lebih aman dan etis untuk dilakukan. Vaksinasi dinilai efektif melindungi populasi karena tidak hanya melindungi orang yang divaksin, tapi juga mencegah orang tersebut menjadi carrier atau pembawa virus yang bisa menularkan penyakit.

Namun, saat ini ketersediaan vaksin sendiri masih terus diupayakan. Proses vaksinasi juga membutuhkan waktu. Jadi, penting untuk terus melakukan upaya mandiri yang dapat memaksimalkan pencegahan Covid-19.

Memperhatikan Asupan Nutrisi dan Suplemen

Jangan Kasih Kendor, Maksimalkan Pencegahan Covid-19 dengan Upaya Mandiri Berikut Ini
(c) Shutterstock

Pencegahan penularan Covid-19 bisa diupayakan dari dalam. Misalnya dengan memperbanyak minum air putih, konsumsi makanan bernutrisi seperti buah dan sayur, dan jangan lupa olahraga teratur untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Penting juga untuk mengonsumsi suplemen yang bisa membantu menjaga sistem imun tubuh. Panduan standar suplementasi Covid-19 sudah dipublikasi di Buku Saku dari BPOM, Kompilasi Standar Pengobatan Covid-19 dari BUMN, dan Tatalaksana Covid-19 dari Ikatan Dokter Spesialis. Panduan tersebut menyebutkan jika vitamin dan mineral dosis tinggi seperti Vitamin C, Zinc, dan B Kompleks merupakan asupan nutrisi yang perlu dikonsumsi secara rutin untuk mencegah infeksi penyakit.

Vitamin C berperan merangsang pembentukan antibodi dalam tubuh, serta merupakan komponen antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Sementara itu, Zinc merupakan mineral yang berperan penting bagi keberlangsungan berbagai sistem pada metabolisme tubuh, termasuk kerja imun. Vitamin B Kompleks terlibat dalam produksi dan aktivitas sel kekebalan tubuh.

Jangan Kasih Kendor, Maksimalkan Pencegahan Covid-19 dengan Upaya Mandiri Berikut Ini
(c) C2FIT

Jadi, penting untuk memilih suplemen yang sudah mengandung nutrisi lengkap, tidak hanya dosis tinggi sesuai anjuran tapi juga yang bisa terserap dengan baik agar bekerja optimal dalam tubuh. Kamu bisa memilih C2FIT yang mengandung Vitamin C, Zinc, dan B Kompleks dengan dosis tinggi sesuai anjuran dan standar pemerintah. C2FIT dilengkapi dengan teknologi Slow Release yang dapat bekerja hingga 24 jam dalam tubuh dan membuat penyerapan nutrisi lebih optimal dan kerja lebih efektif. Selain itu, penggunaan Vitamin C generasi ke-3 (Calcium Ascorbate) yang aman bagi lambung membuat C2FIT aman untuk dikonsumsi orang yang memiliki masalah asam lambung.

Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Sekitar

Jangan Kasih Kendor, Maksimalkan Pencegahan Covid-19 dengan Upaya Mandiri Berikut Ini
(c) Shutterstock

Selain melakukan pencegahan penyakit dari dalam, penting juga untuk melakukan pencegahan penyakit dari luar. Menurut situs WHO, Covid-19 menular lewat droplet cairan tubuh yang bisa menempel di permukaan benda yang ada di sekitar, serta lewat udara (airborne transmission). Dengan banyaknya risiko penularan, penting untuk terus melindungi diri dan keluarga dengan cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Produk antiseptik yang bisa membersihkan benda dan udara jadi hal yang penting untuk membunuh virus dan kuman. Tapi, jangan salah pilih karena WHO punya standarnya tersendiri. Lewat sebuah dokumen yang berjudul WHO Interim Guidance - Laboratory Biosafety Guidance related to Coronavirus Disease (Covid-19), menyebutkan standar antiseptik yang ampuh membunuh virus Corona. Salah satunya adalah yang mengandung senyawa fenol dan alkohol.

Jangan Kasih Kendor, Maksimalkan Pencegahan Covid-19 dengan Upaya Mandiri Berikut Ini
(c) SeptiAIR

Untuk menunjang pencegahan Covid-19, kamu bisa mengandalkan SeptiAIR, semprotan antiseptik untuk udara dan benda yang mengandung Fenol (4-Chloro-3,5-dimethylphenol) yang sudah sesuai dengan rekomendasi WHO untuk Covid-19. Lewat uji laboratorium, SeptiAIR terbukti dapat membunuh kuman hanya dalam 30 detik. Selain komposisi produk yang sudah memenuhi rekomendasi WHO, keamanannya juga sudah terjamin karena sudah mendapatkan izin edar resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Jangan Kasih Kendor, Maksimalkan Pencegahan Covid-19 dengan Upaya Mandiri Berikut Ini
(c) SeptiWIPES

Jika butuh produk antiseptik yang lebih praktis dalam membersihkan permukaan dan benda, misalnya saat membersihkan ponsel, keyboard komputer, atau gagang pintu, kamu bisa mempercayakan pada SeptiWIPES. Tisu basah antiseptik ini mengandung Etanol dan Fenol yang memberikan proteksi ganda untuk melawan virus Corona sesuai rekomendasi WHO. Keamanan SeptiWIPES juga sudah terjamin karena sudah mendapatkan izin edar resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Terlebih lagi SeptiWIPES telah lolos uji dermatologis, yang artinya SeptiWIPES aman digunakan untuk kulit sesering mungkin tanpa menyebabkan iritasi.

Jadi, jangan kasih kendor! Tetap terapkan protokol kesehatan dengan ketat dan maksimalkan pencegahan Covid-19 lewat beberapa tips di atas yuk! Info lebih lanjut, kunjungi Instagram Septicare Plus dan jangan lupa membeli produknya di apotek dan toko obat terdekat.

Lanjutkan Membaca ↓