5 Kisah Keajaiban Berbagi dan Rezeki yang Tak Pernah Tertukar

Endah Wijayanti25 Jan 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 25 Jan 2021, 08:15 WIB
keuangan keluarga

Fimela.com, Jakarta Uang memang bukan segalanya. Hanya saja tak bisa kita pungkiri bahwa uang bisa mempermudah banyak hal. Bukan berarti kita harus serakah dan menumpuk banyak uang untuk bisa bahagia. Tidak perlu juga terlalu pesimis dalam menanti rezeki. 

Ada keajaiban yang bisa didapat dari berbagi. Ada kemudahan yang bisa kita dapat dari sedekah. Seperti kisah-kisah dari Sahabat Fimela ini. Dari kisah-kisah ini pula kita pun semakin yakin bahwa rezeki tak pernah tertukar dan rezeki selalu datang pada waktu yang paling tepat. 

1. Keajaiban setelah Berbagi

Awalnya saya merasa sedikit tidak ikhlas, tapi akhirnya saya tetap menuruti apa kata suami dan memberikan roti dan air mineral ke pedagang tersebut. Suami saya bilang, "Walau kita sedang kesusahan, setidaknya kita harus tetap berbagi dengan orang lain. Karena apa yang kita bagikan ke orang lain pasti akan kembali kepada kita dalam bentuk yang lain. Kalau kita tidak bisa menyumbang dalam bentuk uang, kita bisa menyumbang dalam bentuk jasa, tenaga, ataupun waktu."

Selengkapnya: Tetap Berbagi di Saat Susah, Yakin Selalu Ada Keajaiban yang Menyapa

2. Rezeki yang Mengalir setiap Menyisihkan Penghasilan untuk Orangtua

uang untuk ortu
Menyisihkan gaji./Copyright shutterstock.com/g/winnievinzence

"Saya percaya bahwa di balik bakti kita kepada orangtua, ada rezeki yang tersembunyi. Dalam kasus saya, walaupun karier dan gaji saya tidak ’wow’ sekali, tetapi paling tidak, tidak ada pengeluaran tidak terduga seperti biaya rumah sakit, biaya perbaikan mobil atau biaya besar lainnya. Artinya hampir setiap bulan pengeluaran saya sudah sesuai prediksi, sehingga masih bisa menabung. "

Selengkapnya: Di Balik Gaji yang Disisihkan untuk Orangtua, Ada Rezeki Tersembunyi

3. Sedekah Bisa Memperkaya Diri

atur uang sebagai ibu rumah tangga
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/korrawin

"Sedekah tidak akan pernah membuatmu miskin namun justru akan memperkaya diri. Terngiang kalimat itu, aku awalnya bingung lalu aku mencoba untuk belajar memberi dari kalangan dekat seperti saudara, teman, dan orang-orang kurang beruntung yang ada di pinggir jalan.

Ternyata dengan kita menyisihkan sebagian uang kita itu membuat hati terasa ringan dan bahagia. Yang awalnya aku pikir akan terasa berat dengan mengurangi uang untuk kebutuhanku sendiri ternyata sebaliknya."

Selengkapnya: Melunasi Cicilan Hingga Memaknai Sedekah, Aku Belajar Lebih Bijak Atur Uang

4. Rezeki Bisa Berlipat Ganda dari Berbagi

mengatur uang saat dewasa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/asawin+klabma

"Begitu cepatnya Tuhan mengganti uang yang kukeluarkan. Begitu juga dengan sedekah dan memberi bantuan kepada orang lain, meski nilainya tak terlalu tinggi namun jika dengan mudah kau keluarkan hartamu maka dengan mudah pula Tuhan memberikan rezeki-Nya kepadamu. Jangan tunggu kaya baru memberi, tapi memberilah maka kau akan kaya. Karena ketika kau memberi tidak hanya uang yang kau berikan namun juga cinta."

Selengkapnya: Semakin Sering Berbagi, Semakin Banyak Rezeki yang Mengalir

5. Rezeki Datang Mengiringi Niat Baik

punya rumah setelah menikah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

"Dia selalu berusaha menenangkan pikiranku yang kacau ini. Di saat ini pun keluargaku meragunakan niat kami untuk mengadakan pernikahan. Ayah dan ibuku selalu bertanya bagaimana bisa kami melaksanakan pernikahan sedangkan uangnya belum cukup. Aku pun mulai merasa bersedih. Selalu bertanya mengapa ini bisa terjadi kepadaku. Di saat menjelang hari bahagiaku ujian keuangan itu pun datang dan rasa ragu dari kedua orangtuaku juga datang. "

Selengkapnya: Sempat Bingung Masalah Uang untuk Menikah, Rezeki Datang pada Waktu yang Tepat

Semoga rezeki kita semua selalu mengalir dan lancar, ya. Bersedekah, berbagi, menyisihkan sebagian penghasilan untuk orang terdekat bisa membuka pintu-pintu rezeki yang baru. Iringi dengan niat baik dari setiap hal yang dilakukan, maka akan ada lebih banyak hal baik yang kita dapatkan. 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓