Masih Perlukah Olahraga Meskipun Tubuh Sudah Kurus?

Febi Anindya Kirana24 Jan 2021, 12:15 WIB
Diperbarui 24 Jan 2021, 12:15 WIB
tubuh langsing diet

Fimela.com, Jakarta Kelebihan berat badan memang merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup umum dialami banyak orang. Mereka yang memiliki berat badan berlebih seringkali minder dan merasa kurang cantik, itu juga yang menjadi motivasi banyak orang akhirnya melakukan diet.

Namun bagaimana dengan orang-orang yang secara alami sudah dianugerahi tubuh langsing? Apakah masih butuh menjaga pola makan dan olahraga? Jawabannya, masih (sangat perlu).

Seringkali orang menganggap olahraga sudah tidak diperlukan lagi karena tubuh sudah langsing/kurus dan tidak memiliki masalah berat badan. Namun jangan salah Sahabat Fimela, dilansir dari Mayoclinic, kamu yang punya tubuh langsing tetap membutuhkan olahraga yang cukup agar tetap bisa menjaga kebugaran tubuh.

Olahraga Punya Banyak Kelebihan

perempuan berolahraga
Ilustrasi/copyrightshutterstock/zEdward_Indy

Alasan pertama kamu tetap butuh olahraga adalah agar bisa membantu menjaga suasana hati yang baik. Olahraga atau aktivitas fisik secara alami mampu melepaskan stres dan membuat tubuh melepaskan hormon serotonin sehingga kamu merasa bahagia dan bersemangat.

Kedua, olahraga juga mampu membuatmu mengumpulkan energi positif dalam diri sehingga tidak mudah mengeluh, menganggap semuanya melelahkan dan berpikiran negatif terhadap apa yang terjadi di dalam hidup.

Ketiga, olahraga menurunkan risiko terserang penyakit ringan hingga penyakit serius seperti kolesterol tinggi, diabetes, tekanan darah tinggi hingga serangan jantung. Jika kamu ingin membuang racun di dalam tubuh, maka olahraga adalah salah satu cara yang paling efektif untuk dilakukan. Keringat merupakan lemak dan zat sisa yang dikeluarkan dari tubuh sehingga membuatmu merasa lebih segar.

Keempat olahraga mampu menjaga kepadatan tulang dan fungsi sendi optimal. Kurang bergerak bisa membuat tubuh kaku dan mudah lelah serta memperbesar risiko osteoporosis. Makan makanan dan minuman kaya kalsium tak cukup menjaga tulang kuat.

Kelima, olahraga mampu membuatmu cepat tidur. Hal ini bisa dirasakan langsung setelah kelelahan olahraga. Tubuh yang telah membakar banyak kalori akan menumpuk asam laktat dan menyebabkan tubuh mengantuk. Hal ini merupakan sinyal bahwa tubuh harus istirahat. Jadi jika kamu mengalami insomnia, olahraga adalah obat kesehatan yang ampuh membuatmu cepat tidur di malam hari.

Jadi, apakah kamu yang langsing tetap masih membutuhkan olahraga? Tentu saja, tujuannya bukan untuk kurus, tapi untuk melatih kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan.

#ElevateWomen with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓