3 Tips Pintar Belanja Online agar Tidak Boros

Anisha Saktian Putri24 Jan 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 24 Jan 2021, 15:00 WIB
Ilustrasi Belanja

Fimela.com, Jakarta Masih dalam semangat tahun baru, biasanya setiap orang memiliki resolusi untuk hidup yang lebih terencana salah satu dalam merencanakan finansial. Sayangnya, literasi keuangan digital masyarakat Indonesia dapat dikatakan masih rendah, yakni hanya sekitar 35,5 persen dari total populasi. Apalagi kini kebiasaan belanja online meningkat di tengah pandemi yang mengharuskan kita tetap di rumah saja.

Jonathan End, growth consultant mengatakan situasi pandemi telah mengganggu kondisi perekonomian sehingga setiap orang perlu memiliki anggaran tambahan untuk konsumsi vitamin, makanan bergizi, olahraga, dan produk kesehatan lainnya.

Tanpa adanya perencanaan keuangan yang matang, hal ini akan terasa sulit dan perjalanan menjadi seorang smart spender pun akan penuh tantangan.

“Masih banyak yang belum mengerti cara mengatur prioritas keuangan untuk dana darurat, pengeluaran sehari-hari dan investasi. Hal ini membuat banyak yang tidak bisa mengendalikan keuangannya sehingga mengkhawatirkan masa depannya. Oleh karena itu, penting untuk kita mempunyai pemahaman tentang financial planning,” kata Jonathan dalam siaran pers ShopeePay Mantul Sale.

Belanja online bukanlah alasan untuk memiliki keuangan yang tidak sehat. Jonathan juga membagikan tiga tips sederhana untuk mulai menjadi seorang smart spender, terutama saat sangat berantusias untuk belanja online.

1. Membuat daftar belanja

Menyusun Anggaran Keuangan untuk Berbelanja
Ilustrasi Membuat Anggaran Belanja Credit: pexels.com/Finn

Tuliskan semua barang yang dibutuhkan dan pilah mana yang akan menjadi prioritas untuk dibelanjakan lebih dahulu.

2. Membagi pemasukan ke proporsi 50-30-20

Alokasikan 50 persen dari total gaji untuk keperluan sehari-hari dan tagihan, 30 persen untuk dana darurat, investasi, dan tabungan, sedangkan 20 persen untuk lifestyle dan berbelanja.

3. Memanfaatkan promo online

Berburu cashback, diskon, dan ongkos kirim untuk mendapatkan barang dan ongkir yang jauh lebih murah agar tabungan tetap aman.

Pada tanggal 25 hingga 27 Januari 2021 mendatang, ShopeePay Mantul Sale (SMS) akan memberikan Voucher Gratis Ongkir dengan Minimum Belanja Rp0, Voucher Cashback ShopeePay Sebesar 60 persen, Tebus Murah Rp1, Lucky Prize 1 unit IPhone 11.

 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓