5 Tips Ampuh Mengatasi Kecanduan Junkfood

Imelda Rahma25 Jan 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 25 Jan 2021, 08:45 WIB
Junkfood

Bagi sebagian besar orang, junkfood atau fastfood adalah pilihan terbaik yang sangat praktis saat kamu tengah kehilangan selera makan. Jelas saja, hal ini karena rasa dan aroma dari junkfood memang sangat menggoda.

Junkfood begitu mudah ditemui di kota-kota besar dengan harga yang cukup terjangkau. Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak atau mengukur asupan gizi seimbang setiap harinya, pasti menjadikan junkfood sebagai salah satu gaya hidup.

Namun, kamu perlu mengetahui bahwa mengonsumsi junkfood secara berlebihan bisa menyebabkan candu sehingga kamu akan merasa lapar dan terus mengonsumsinya. Selain itu, dampak lainnya adalah sejumlah risiko penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuh. Mulai dari obesitas hingga masalah pencernaan lainnya.

Oleh karena itu, untuk kamu yang saat ini sedang kecanduan dan hobi mengonsumsi junkfood, perlu tahu cara yang tepat untuk mengatasinya. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 tips ampuh mengatasi kecanduan junkfood yang bisa kamu coba. Di;ansir dari Liputan6.com, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Mengonsumsi Lemak Sehat

Mengonsumsi Lemak Sehat
Ilustrasi Mengonsumsi Lemak Sehat Credit: unsplash.com/Louis

Tips ampuh mengatasi junkfood yang pertama ialah dengan rajin mengonsumsi lemak sehat. Salah satu mitos nutrisi yang paling umum adalah bahwa lemak membuat gemuk. Padahal, tubuh kita butuh lemak. Namun, ada banyak jenis lemak.

kamu harus menghindari lemak trans dan membatasi lemak jenuh, tetapi lemak yang menyehatkan jantung seperti kacang-kacangan dan alpukat akan membantu merasa kenyang dan mengurangi mengidam.

Makanlah segenggam kacang campur sebagai camilan sore hari atau bisa membuat saus salad buatan sendiri dengan minyak zaitun dan cuka. Menambahkan guacamole segar atau ikan berlemak seperti salmon merupakan cara yang bagus untuk memasukkan lemak yang sehat dan mengenyangkan.

Rutin Mengonsumsi Buah

Rutin Mengonsumsi Buah
Ilustrasi Mengonsumsi Buah Credit: pexels.com/North

Tips ampuh mengatasi junkfood yang kedua ialah rutin mengonsumsi buah. Buah memang mengandung gula, tetapi juga mengandung banyak vitamin, antioksidan, dan air. Ini juga mengandung serat, yang memperlambat dan menyeimbangkan efek pada gula darah. Ini mencegah kerusakan gula.

Setelah berhenti mengonsumsi gula buatan, buah akan terasa jauh lebih manis dan lebih memuaskan bagimu. Ambil semangkuk beri atau semangka jika menginginkan sesuatu yang manis.

Memenuhi Kebutuhan Protein

Memenuhi Kebutuhan Protein
Ilustrasi Daging Ikan Credit: pexels.com/Elliot

Tips ampuh mengatasi junkfood yang ketiga ialah dengan memenuhi kebutuhan proteinmu setiap hari. Protein membuat kamu merasa kenyang, seringkali lebih dari makronutrien lain seperti karbohidrat. Penuhi diet dengan sumber protein yang sehat termasuk ikan, kacang polong, sayuran.

Saat kamu merasa kenyang, akan ada sedikit ruang dan lebih sedikit keinginan untuk membeli makanan cepat saji. Selain itu, cara ini juga cukup efektif untuk mencegahmu dari risiko dan bahaya obesitas.

Mengubah Pola Makan

Mengubah Pola Makan
Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Sehat

Tips ampuh mengatasi junkfood yang keempat ialah dengan mengubah pola makan, kamu perlu fokus terhadap makanan-makanan yang sehat. Sebuah penelitian di jurnal Nutrients Trusted Source menunjukkan bahwa berfokus pada sisi positif dari makan sehat lebih efektif daripada berfokus pada kebutuhan untuk menghilangkan junk food.

Semakin banyak makanan sehat yangkamu tambahkan, semakin mudah untuk menyingkirkan yang tidak sehat. Hal ini akan membentuk kebiasaan pola makan yang lebih sehat.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Memperbaiki Kualitas Tidur
Ilustrasi Memperbaiki Kualitas Tidur Credit: unsplash.com/Vlash

Terakhir, tips ampuh mengatasi junkfood yang keempat ialah dengan memperbaiki kualitas tidur. Kebanyakan orang tidak cukup tidur dan meskipun mungkin menyadari efeknya pada suasana hati atau tingkat energi, kamu mungkin tidak tahu bahwa kurang tidur juga dianggap berperan besar dalam mengidam makanan cepat saji.

Sebuah studi baru-baru ini di Sleep Trusted Source menunjukkan bahwa pembatasan tidur mengakibatkan lebih banyak rasa lapar dan berkurangnya kemampuan untuk mengontrol asupan camilan yang enak.

Lanjutkan Membaca ↓