Sukses

Lifestyle

Mengejutkan, Inilah 5 Manfaat Mengonsumsi Kerupuk Kulit Bagi Kesehatan Tubuh

Mungkin kamu tidak menyadari atau belum pernah mendengarnya, tetapi kerupuk kulit ternyata punya manfaat yang mengejutkan untuk kesehatan tubuh. Kerupuk kulit merupakan salah makanan ringan yang bisa dijadikan camilan ataupun teman makan nasi. Kerupuk kulit adalah kerupuk yang diolah dengan bahan dasar dari kulit hewan, biasanya kulit hewan yang dipakai yaitu kulit sapi ataupun kulit kerbau.

Rasanya yang renyah dan gurih, dan harganya pun sangatlah terjangkau membuat tidak sedikit orang yang selalu menyediakan kerupuk ini untuk dikonsumsi sehari-hari. Dengan mengetahui manfaat kerupuk kulit, kamu bisa menikmati kerupuk kulit juga mendapatkan manfaatnya.

Walaupun kerupuk kerap disebut tak memiliki manfaat dan vitamin, namun rupanya ada beberapa manfaat kerupuk kulit untuk kesehatan. Namun, hal ini bukan berarti kamu boleh mengonsumsinya sebanyak yang kamu inginkan, tetapi tetap perlu dikontrol dan dikonsumsi sewajarnya saja.

Nah, buat kamu yang penasaran, berikut Fimela.com akan mengulas 5 manfaat mengonsumsi kerupuk kulit bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengobati Sakit Maag

Manfaat mengonsumsi kerupuk kulit yang pertama ialah dapat membantu mengobati sakit maag. Bagi penderita maag, mengonsumsi kerupuk kulit bisa dicoba untuk meredakan ataupun mengobati penyakit satu ini.

Kerupuk kulit dapat dapat menyembuhkan gejala mual dan perih pada perut akibat gangguan maag. Apabila kamu sering mengalami gejala maag, maka cobalah untuk mengkonsumsi kerupuk kulit setiap gejala tersebut muncul. Dengan mengkonsumsi kerupuk kulit, maka rasa sakit dan juga perih pada lambung akibat dari serangan maag dapat hilang dan teratasi tanpa perlu mengkonsumsi obat.

Menambah Energi Cadangan pada Tubuh

Manfaat mengonsumsi kerupuk kulit yang kedua ialah membantu menambah cadangan energi kamu. Mengonsumsi kerupuk kulit pada pagi atau siang hari lebih baik karena bermanfaat sebagai penambah cadangan energi. Saat makan siang, kamu bisa mengonsumi kerupuk kulit untuk menambah menu makan siang kamu agar lebih nikmat.

Kandungan protein hewani didalamnya dapat berfungsi untuk menyimpan energi cadangan dalam tubuh, sehingga dapat membantu aktivitas harianmu. Satu hal perlu diingat, hindari mengonsumsi kerupuk kulit yang terlalu banyak minyaknya. Hal ini terkadang memberi rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Tinggi Kandungan Protein Hewani

Tentunya sudah banyak yang tahu jika bahan dasar kerupuk kulit ini adalah kulit dari hewan, seperti sapi ataupun kerbau. Oleh sebab itu, kerupuk kulit mengandung protein hewani yang cukup tinggi. Protein ini sangat bermanfaat bagi tubuh seperti memperbaiki sel-sel yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu pertumbuhan.

Protein hewani juga dapat membentuk organ otak manusia serta sel darah merah, sehingga berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Asupan protein hewani yang cukup dapat membantu pembentukan serta keseimbangan hormon.

Tapi perlu diingat, mengonsumsi kerupuk kulit tidak boleh berlebihan. Kerupuk ini selain mengandung protein hewani yang baik juga mengandung lemak jenuh yang menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.

Berpengaruh pada Pertumbuhan Tulang

Manfaat mengonsumsi kerupuk kulit yang keempat ialah baik untuk pertumbuhan tulang. Walaupun hanya makanan ringan, namun kerupuk kulit punya kandungan protein hewani cukup tinggi, ternyata ada kandungan lain seperti kalsium dan fosfor.

Kandungan kalsium serta fosfor sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Jadi mengonsumsi kerupuk kulit sangat bermanfaat bagi kamu yang masih dalam masa pertumbuhan. Selain disukai orang dewasa, kerupuk kulit juga disukai oleh anak-anak.

Makanan Pendamping Diet

Terakhir, manfaat mengonsumsi kerupuk kulit yang kelima ialah bisa kamu jadikan sebagai makanan pendamping diet yang sempurna. Kerupuk kulit juga bisa dijadikan camilan ketika diet. Ketika kamu sedang menjalani program diet, kerupuk kulit merupakan salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi.

Kerupuk kulit atau rambak memang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, tapi disisi lain kerupuk ini ternyata rendah kalori. Jadi kerupuk ini tidak akan menimbulkan kegemukan, kerupuk kulit rasanya cocok dijadikan sebagai pendamping diet.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading