Lebih Baik Sendiri daripada Bersama Seseorang yang Malah Membuat Hati Kesepian

Endah Wijayanti25 Jan 2021, 14:45 WIB
Diperbarui 25 Jan 2021, 14:47 WIB
kesendirian dan kesepian

Fimela.com, Jakarta Ada sebuah kutipan yang cukup menohok dari Robin Williams. Katanya, "I used to think that the worst thing in life was to end up alone. It's not. The worst thing in life is to end up with people who make you feel alone." Yang diutarakannya mungkin pernah juga kita rasakan atau bahkan sedang kita rasakan.

Dulu kita mungkin berpikir bahwa hal terburuk dalam hidup adalah berakhir dalam kesepian. Tapi ada yang lebih buruk dari itu, yaitu bersama seseorang yang membuat kita merasa kesepian. Bersama seseorang tapi kita masiah merasa sepi dan hampa, itu jelas terasa sangat menyakitkan.

Tak Perlu Mengutuk Kesendirian

Kita mungkin merasa sedih saat melihat orang lain tampak lebih bahagia saat punya pasangan atau menghabiskan waktu dengan kekasih hatinya di tengah "status" kita yang masih sendiri. Kita merasa seakan jadi orang yang paling merana karena masih sendiri. Namun, tak perlu mengutuk situasi itu. Tak perlu mencela kesendirian yang kita hadapi. Bisa jadi memang saat ini waktunya kita untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk diri kita sendiri. Fokus pada hal-hal dan prioritas yang lebih penting untuk diselesaikan sendiri.

Bersama Orang yang Salah Itu Menyesakkan

perempuan dan kesepian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/BaanditStudio

Memilih pasangan memang tak bisa sembarangan. Jangan sampai karena takut dicap sebagai perempuan yang kesepian, kita menerima sembarang pria. Bersama orang yang salah malah bisa menambah masalah. Bersama seseorang yang ternyata tak peduli dan membuat kita merasa kesepian saat bersamanya, bisa membuat kita makin merana. Tak perlu memaksakan diri menjalin hubungan jika memang belum benar-benar siap dan yakin.

Tak Perlu Takut Menghadapi Kesendirian

“When I get lonely these days, I think: So BE lonely, Liz. Learn your way around loneliness. Make a map of it. Sit with it, for once in your life. Welcome to the human experience. But never again use another person's body or emotions as a scratching post for your own unfulfilled yearnings.”― Elizabeth Gilbert, Eat, Pray, Love

Iya, memang tak mudah untuk menerima kesendirian. Ketika melihat setiap orang menghabiskan waktu dengan orang terkasih sementara kita masih sendiri, memang ada rasa tak nyaman di dalam diri. Namun, tak perlu menyalahkan diri sendiri yang masih bertahan dalam kesendirian.

Daripada bersama seseorang yang malah membuat hati kesepian, lebih baik mensyukuri semua yang ada dan masih kita punya saat ini. Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri bagaimana? Jika sudah bersama seseorang tapi malah membuat hatimu merasa makin kesepian, apa yang akan kamu lakukan?

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓