Menengok Kehidupan Warga Wuhan yang Sudah Kembali Hidup Normal

Vinsensia Dianawanti26 Jan 2021, 19:30 WIB
Diperbarui 27 Jan 2021, 20:05 WIB
Ilustrasi Covid-19

Fimela.com, Jakarta Munculnya virus corona atau yang dikenal dengan COVID-19 di Wuhan, China berujung menjadi sebuah pandemi yang menyerang dunia. Setahun lalu, Wuhan menjadi kota pertama yang melakukan lockdown pertama 76 hari.

Seluruh warga Wuhan mendapatkan informasi tersebut melalui ponsel pintarnya. Kota Wuhan yang merupakan pusat industri dan transportasi di China mendadak lumpuh seketika

Kini, warga Wuhan sudah bisa kembali hidup secara normal. Pada Sabtu (23/1/2021), terlihat banyak orang yang sedang berlatih serta berlatih tai chi di taman samping Sungai Yangtze.

Lalu lintas di Wuhan masih relatif sepi dan tidak ada penghalang yang dipasang seperti sebelumnya untuk mengisolasi lingkungan dan memaksa orang untuk kembali ke rumah agar tidak terpapar virus.

 

Adanya kesadaran masyarakat

Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19 (Foto: Shutterstock By CrispyPork)

Ketika dunia masih berjuang untuk melawan varian baru virus corona yang menyebabkan penyebaran lebih cepat, kehidupan di Wuhan justru sudah kembali ke normal sebelum virus corona muncul.

Wuhan sendiri telah menyumbang 4.635 kematian di China akibat COVID-19. Selama berbulan-bulan, penyebaran dan kematian relatif konstan hingga kebijakan lockdown dicabut pada 8 April 2020.

Sejak berakhirnya lockdown, sebagian besar wilayah Wuhan telah terbebas dari virus corona secara berkelanjutan. Diduga, warga Wuhan berhasil keluar dari masalah pandemi karena adanya kesadaran yang meningkat akibat pengalaman traumtis sekaligus dramatis yang terjadi tahun lalu, di awal penyebaran virus corona di Wuhan.

 

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓