Sukses

Health

5 Manfaat Habbatussauda untuk Mencegah Kolesterol yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Jintan hitam atau yang terkenal dengan sebutan habbatussauda, adalah tanaman herbal yang berasal dari Eropa Timur sampai bagian Timur Tengah. Tanaman ini mulai tersebar dan dibudidayakan juga di area Amerika Utara. Tanaman herbal ini sangat populer di dunia kesehatan dan kecantikan.

Tanaman yang memiliki nama lain Nigella Savtiva ini, bisa digunakan untuk campuran bahan alami dalam pembuatan produk kecantikan. Selain itu, jintan hitam juga digunakan untuk bahan obat-obatan yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah kolesterol yang berbahay untuk jantung.

Habbatussauda juga sering disebut dengan black cumin, yang memiliki kandungan thymoquinone yang bersifat sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Sahabat Fimela bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, sebelum mengonsumsi jinten hitam. Berikut manfaat habbatussauda untuk mengatasi kolesterol:

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan

1. Mencegah Diabetes

Manfaat pertama jintan hitam atau habbatussauda, yaitu membantu mencegah penyakit diabetes, yang disebabkan karena kadar gula darah di dalam tubuh meningkat. Saat kadar gula darah di dalam tubuh naik, seseorang akan merasakan lemas, mudah mengantuk, susah berkonsentrasi, penyembuhan luka lambat dan membuat kerusakan saraf. Jintan hitam ini bisa dikonsumsi dan membantu menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga, dan terhindar dari penyakit diabetes yang bisa berbahaya.

2. Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh dengan berat badan yang ideal, bisa di dapatkan dengan mengonsumsi habbatussauda. Dilansir dari artikel Journal of Diabetes & Metabolic Disorders tahun 2013, jintan hitam ini memiliki manfaat untuk mencegah obesitas. Habbatussauda diolah menjadi minyak, yang bisa digunakan untuk memasak, karena mengandung kalori dan lemak yang rendah, sehingga cocok dikonsumsi untuk pejuang diet.

3. Mengontrol Kolesterol

Di dalam tubuh manusia, terdapat kolesterol baik dan kolesterol jahat. Jika kolesterol jahat lebih banyak di dalam tubuh, maka bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke yang bisa membahayakan nyawa. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi jintan hitam secara rutin selama setahun, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga kadar kolesterol tetap stabil dan mencegah penyakit jantung atau stroke.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Habbatussauda memiliki kandungan thymohydroquimone, thymoquinone, dithymouinone dan thymol, yang bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat, bisa membantu memerangi virus yang ada di dalam tubuh, mencegah peradangan, serta membantu mepercepat penyembuhan luka atau infeksi, yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan yang terakhir, yaitu bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga terhindar dari penyakit lambung, peradangan usus dan sembelit. Rutin mengonsumsi jintan hitam, bisa memperkuat lapisan lambung agar tidak mudah terluka. Senyawa antiinflmasi yang terkandung di dalamnya, bisa membantu mengatasi peradangan pada area lambung.

Manfaat Habbatussauda yang Lainnya

Selain bisa dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, habbatussauda juga memiliki manfaat untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut. Berikut manfaatnya:

1. Menangkal Radikal Bebas

Habbatussauda memiliki kandungan antioksidan, vitamin E dan asam limonet, yang bisa membantu menangkal radikal bebas, agar lapisan kulit tetap terlindungi. Kandungan tersebut bisa membantu memperkuat sel kulit, memperbaiki jaringan kulit yang rusak, menutrisi kulit dan membuat kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

2. Menghilangkan Jerawat

Jintan hitam memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengontrol produksi minyak di wajah. Sehingga bisa membantu menghilangkan jerawat, mencegah penyumbatan pori-pori dan membantu mencegah munculnya komedo. Senyata antibakteri dan antiinflamasinya, bisa mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat, menyamarkan bekas jerawat dan mencegah munculnya jerawat yang baru.

3. Merawat Rambut

Habbatussauda memiliki manfaat yang bisa digunakan untuk rambut juga. Karena kandungan di dalam jinta hitam ini, bisa membantu mencegah kerontokan rambut dan memperkuat akar rambut agar tidak mudah patah. Jintan hitam ini juga bisa membantu melembapkan rambut, mengembalikan kilau rambut yang kusam, mengontrol minyak kulit kepala dan menghilangkan ketombe yang disebabkan oleh jamur kulit.

Cara Mengonsumsi Habbatussauda

Habbatussauda biasanya dikemas dalam bentuk pil, yang berisi bubuk jintan hitam. Agar hasilnya optimal, jintan hitam ini bisa dikonsumsi saat perut masih kosong, kita-kira minimal 30menit sebelum makan.

Namun untuk pendertia sakit maag, jintan hitam ini bisa dikonsumsi 30 menit setelah makan. Jintan hitam ini bisa dikonsumsi dengan dosis 1gram setiap harinya, dan harus dikonsumsi rutin selama satu bulan.

Jangan lupa untuk rajin mengonsumsi air putih, agar jintan hitam ini lebih mudah dicerna oleh tubuh, dan khasiatnya dapat dirasakan oleh tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading