4 Cara Menghadapi Orang yang Selalu Menyoroti Kekuranganmu

Endah Wijayanti27 Jan 2021, 14:20 WIB
Diperbarui 27 Jan 2021, 14:20 WIB
lebih percaya diri

Fimela.com, Jakarta Kita tak bisa memuaskan hati semua orang. Tak bisa kita membuat semua orang senang. Tapi kadang agak menyebalkan juga jika menghadapi orang-orang yang selalu menyoroti kekurangan kita.

Sungguh tidak menyenangkan rasanya saat menghadapi orang-orang yang suka mencari-cari kesalahan kita. Sekeras apa pun kita berusaha dan berupaya melakukan yang terbaik dalam hidup, orang-orang macam itu akan hadir bagai hama. Menghadapi orang-orang yang selalu menyoroti kekurangan kita memang perlu ketegasan.

1. Fokus pada Usaha Terbaik Kita

“When we feel weak, we drop our heads on the shoulders of others. Don't get mad when someone does that. Be honored. For that person trusted you enough to, even if subtly, ask you for help.”― Lori Goodwin

Tak perlu buang-buang waktu menghadapi orang-orang "beracun". Anggap saja mereka sebagai angin lalu. Yang perlu kita lakukan sekarang adalah berupaya untuk melakukan yang terbaik dalam hidup kita. Fokus pada usaha-usaha terbaik untuk mencapai target dan tujuan hidup kita.

2. Tegakkan Kepala dan Kuatkan Diri

“You must be strong enough to strike and strike and strike again without tiring. The first lesson is to make yourself that strong.”― Holly Black, The Wicked King

Saat ada orang yang menjatuhkanmu atau berupaya untuk mencari kekuranganmu, cobalah untuk menegakkan kepala. Satu-satunya orang yang butuh perhatianmu pada saat seperti ini adalah dirimu sendiri. Jadi, untuk bisa bertahan menghadapi orang-orang itu adalah dengan menguatkan diri.

 

3. Pertebal Motivasi Diri

Perempuan
Ilustrasi./Credit: pexels.com/Moose

“Our critics make us strong!

Our fears make us bold!

Our haters make us wise!

Our foes make us active!

Our obstacles make us passionate!

Our losses make us wealthy!

Our disappointments make us appointed!

Our unseen treasures give us aknown peace!

Whatever is designed against us will work for us!”

― Israelmore Ayivor, The Great Hand Book of Quotes

Kuatkan lagi semangat dan motivasi diri. Ada hal-hal yang memang di luar kendali kita seperti bagaimana orang lain memandang diri kita. Tapi ada hal-hal yang ada di dalam kendali diri kita, seperti cara kita bereaksi atau merespons orang lain. Orang yang membencimu akan selalu mencari-cari alasan untuk membencimu, dan itu tak perlu terlalu kamu pikirkan. Pertebal motivasi diri untuk hidupmu yang lebih baik.

4. Buat Prestasi atau Pencapaian Baru

Tak ada hal yang paling menjengkelkan bagi para haters selain melihat orang yang dibencinya malah bahagia atau makin sukses. Dengan kata lain, jika kamu ingin membuat hater-mu "menderita", kamu tinggal fokus untuk membuat prestasi atau pencapaian baru. Mungkin kesannya seperti membalas dendam, tapi daripada terus stres menghadapi hater, mending kerahkan energi untuk melakukan sesuatu yang lebih berarti.

Semoga hidupmu bisa memberi lebih banyak arti dan makna, ya. Memang tak semua orang akan mendukungmu dan bisa ikut berbahagia denganmu, sebab kita memang tak punya kuasa untuk mengendalikan semua orang. 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓