Sukses

Lifestyle

Membaca Cerita Mobil untuk Odi dan Kenali Bahan Bakar Kendaraan, Yuk!

Fimela.com, Jakarta Membacakan cerita untuk anak-anak bisa jadi kegiatan yang menyenangkan selama momen di rumah aja. Aktivitas yang satu ini juga punya banyak manfaat untuk perkembangan kecerdasan mereka, karena bisa menanamkan nilai dan etika, menambah pengetahuan, hingga memperkaya kosa kata baru.

Tertarik untuk melakukan kegiatan ini bersama anak? Cerita Mobil untuk Odi yang hadir dalam video Belajar dari Rumah yang dipersembahkan oleh Kemendikbud bisa jadi pilihannya nih. Setelah itu, belajar mengenali bahan bakar kendaraan juga, ya!

 

Mobil untuk Odi yang Mengajarkan Banyak Hal untuk Anak

Dalam video Belajar dari Rumah Episode 13 untuk kelas 4 SD, ada sosok Kakak dan Adik yang memandu teman-teman lain belajar di rumah. Mereka mengajak untuk membaca cerita berjudul Mobil untuk Odi yang seru dan mengajarkan banyak hal untuk anak.

Odi adalah seorang penjual minuman jus wortel segar yang dicampur dengan perasan jeruk dan madu. Ia biasa mengantarkan minumannya untuk para pembeli dengan sepeda. Suatu hari ia menerima banyak sekali pesanan minuman. Tapi, minumannya tumpah di jalan karena terlalu banyak barang yang dibawa, padahal tujuannya masih jauh. Karena hal ini Odi tidak pernah menerima pesanan minuman dalam jumlah banyak lagi karena takut akan mengalami hal yang serupa.

 

Suatu hari, Odi memutuskan pergi ke kota untuk membeli mobil. Ia mendatangi sebuah toko mobil dan mencari mobil yang ramah lingkungan. Ia dibantu oleh sang penjaga toko yang memberi tahu jika mobil yang dicarinya bermesin diesel dengan bahan bakar Pertamax atau solar. Keuntungan mobil bermesin diesel adalah lebih efisien jika dibandingkan dengan mesin lainnya. Selain itu, diesel menghasilkan tenaga yang lebih kuat sehingga cocok untuk membawa barang berat.

Selanjutnya ada juga mobil berbahan bakar bensin yang bisa melaju kencang sehingga cocok digunakan sehari-hari. Bahan bakar bensin sendiri berupa Pertamax yang lebih hemat tapi punya harga yang lebih mahal. Ada juga Pertalite, jenis bensin yang sering dipakai karena harganya lebih terjangkau.

Setelah selesai membacakan cerita, Kakak dan Adik belajar tentang kata sambung perbandingkan yang menyamakan suatu benda dengan lainnya. Selain itu, mereka juga kembali mempelajari tentang pembulatan yang pernah dibahas dalam video sebelumnya. Pembulatan sendiri merupakan salah satu konsep matematika yang penting karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat digunakan untuk menghitung besarnya pajak yang seringnya menerapkan pembulatan ke bawah demi meringankan besarnya iuran pajak.

Belajar Membandingkan Bahan Bakar

Lanjut ke episode 13 untuk siswa kelas 5 SD, Kak Kinan kali ini mengajak teman-teman di rumah belajar tentang perbandingan bahan bakar lewat sebuah komik menarik. Dalam komik tersebut, diceritakan sosok Awang yang penasaran karena katanya solar bisa bikin kendaraan bertenaga. Ia pun mencoba mengisi motornya dengan solar siapa tahu motornya kuat di tanjakan. Petugas pom bensin yang keheranan dengan permintaan ini pun akhirnya menuruti saja.

Setelah selesai mengisi bahan bakar, Awang menjalankan motornya dengan senang karena membayangkan motornya jadi bertenaga. Namun, tiba-tiba motornya tersendat dan keluar asap dari mesin motor. Ia pun membawa motornya ke bengkel dan mendapat nasihat bahwa mesin sepeda motor berbeda dengan mesin truk yang menggunakan diesel. Kalau mesin bensin diisi solar, akibatnya motor bisa mogok.

Setelah mendengar cerita Awang yang salah isi bahan bakar untuk motornya, siswa kelas 5 SD diajak untuk belajar menebak garis bilangan. Kak Kinan juga mengajarkan konsep mdpl atau meter di atas permukaan laut yang merupakan konsep menghitung kedalaman laut.

Seru banget kan berbagai pelajaran yang ada dalam video Belajar dari Rumah yang dihadirkan oleh Kemendikbud! Tonton terus program Belajar dari Rumah setiap Senin – Jumat hanya di TVRI ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading