Sukses

Lifestyle

Ini Alasan Kopi Seduh Panas Lebih Sehat daripada Kopi Seduh Dingin

Fimela.com, Jakarta Jika kamu pecinta kopi kemungkinan kamu paham istilah hot brew dan cold brew. Kopi umumnya memang diseduh dengan air panas (yang disebut dengan hot brew), tapi tidak menutup kemungkinan kopi diseduh dengan air dingin atau suhu ruangan (yang disebut dengan cold brew).

Terlepas dari jenis kopi apa yang kamu suka, tahukah kamu bahwa ternyata teknik hot brew atau menyeduh kopi dengan air panas ternyata lebih sehat dibandingkan teknik cold brew?

Dilansir dari Health, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports menemukan bahwa kopi seduh panas lebih baik untuk kesehatan dibandingkan kopi seduh dingin dilihat dari kadar keasaman dan antioksidannya.

Kopi Cold Brew Rendah Antioksidan

Kopi yang diseduh dengan air panas menunjukkan tingkat aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan kopi yang hanya dituang air dingin. Dengan kata lain, kandungan antioksidan kopi panas lebih baik dibandingkan kopi dingin. Seakan ada senyawa yang diaktifkan ketika bubuk kopi dituang air panas.

Hal yang mengejutkan adalah tingkat keasaman kedua kopi ini. Banyak yang percaya bahwa kopi cold brew memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah sehingga lebih baik untuk orang yang rentan mengalami masalah asam lambung atau pencernaan. Namun pada kenyataannya, dalam studi ini ditemukan bahwa pH keasaman kopi seduh panas maupun kopi seduh dingin hampir sama, sekitar 4,85 hingga 5,13. Jadi jika ingin minum kopi yang lebih sehat, lebih baik piih kopi yang diseduh air panas. 

Tapi tentu saja, selera orang terhadap kopi bisa berbeda-beda dan pilihan minum kopi yang mana tetap kembali kepadamu. Jika kamu merasa nyaman mengonsumsi keduanya, itu justru lebih baik.

#ElevateWomen with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading