Sukses

Lifestyle

Sama-Sama Berasal dari Turki, Ini Perbedaan Kucing Turkish Van dan Turkish Anggora

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa ras kucing yang memiliki kesamaan nama, seperti Turkish Van dan Turkish Angora atau lebih dikenal sebagai Anggora. Sama-sama memiliki nenek moyang dari Turki, kedua jenis ini punya fisik yang cukup berbeda dan salah satunya suka berenang lho. Bisa tebak yang mana?

Sejarah

Kedua ras ini berasal dari Turki dan sempat hampir punah sebelum dikembangbiakkan oleh cat breeder di Eropa dan Amerika. Menurut legenda, Turkish Van adalah kucing yang dibawa Nuh ke bahtera. Termasuk ras kuno yang langka, pada akhir 1950-an kucing ini dibawa ke Inggris dan baru populer di Amerika Serikat pada tahun 1970-an.

Turkish Angora datang ke Eropa jauh lebih awal, saat dibawa oleh Viking pada abad ke-10. Pada awal abad ke-20, Kebun Binatang Turki di Ankara memulai program pengembangbiakan Angora untuk mengembalikan ras Angora murni berbulu putih. 

Warna

Turkish Van didominasi oleh tubuh yang diselimuti bulu putih, dengan kepala dan ekor berwarna yang sering disebut sebagai pola van. Hadir dalam tiga variasi warna, seperti solid dan putih, loreng dan putih, serta campuran warna.

Meskipun Turkish Angora didominasi bulu putih berambut panjang, kucing ini juga memiliki beragam warna dan pola seperti hitam, biru, merah, krem, tortoise, dan tabby berbintik dengan banyak warna. Anggora berbulu putih terkadang memiliki mata biru akibat komponen genetik tertentu yang juga membuatnya tuli. Jika punya satu mata biru dan satu mata kuning, kucing Anggora mungkin akan mengalami tuli di telinga yang berada di sisi yang sama dengan mata biru.

Ukuran

Berperawakan lebih besar dari Anggora, Turkish Van butuh 4-5 tahun untuk mencapai ukuran optimalnya. Mampu mencapai bobot maksimal 10 kilogram, jenis kucing ini punya kondisi kesehatan yang cukup baik dan berumur panjang. Uniknya, bulunya bisa berubah sesuai musim, menjadi lebih tebal di leher dan ekor saat musim dingin, serta akan rontok saat musim panas.

Sebaliknya, kucing Anggora dikenal memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil, dengan berat hanya 2-4 kilogram. Biasanya, bulunya akan terus memanjang hingga usianya mencapai 2 tahun, dengan satu lapisan bulu yang jarang rontok dan tak perlu sering disisir.

Sifat

Sama-sama dikenal sebagai ras yang ramah dan penyayang, keduanya juga dikenal aktif dan cerdas. Bedanya, ada pada kecintaan Turkish Van pada air dan lapisan bulunya tebal tahan air. Sedangkan kucing Anggora lebih suka melompat ke perabotan atau bagian rumah yang tinggi.

Apapun rasnya, kucing memerlukan perawatan yang tepat agar bisa tumbuh dengan sehat dan happy. Salah satu caranya adalah dengan memberikan cat food terbaik seperti Muezza. Diformulasikan dengan nutrisi lengkap dan seimbang oleh para ahli gizi dan penggunaan teknologi modern untuk mengolah bahan-bahan alaminya, cat food ini bebas dari bahan sintetik yang berbahaya bagi kesehatannya.

Terjamin halal dari sertifikasi yang didapat dari The Central Islamic Committee of Thailand, kucing terjaga tetap sehat dan pemiliknya pun bebas risih saat harus merawat kucing kesayangannya, misalnya saat terkena liur, memegang cat food, atau membersihkan wadah makan. Tunggu apalagi, dapatkan keempat varian flavor-nya di Shopee dan Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading