Sukses

Lifestyle

5 dekorasi Imlek Pembawa Keberuntungan di Tahun 2021

Fimela.com, Jakarta Perayaan tahun baru China atau Imlek akan segera tiba. Momen ini tentu tak lengkap rasanya bila rumah tidak dihiasi dengan berbagai ornamen atau pernak-pernik merah sebagai ciri khas Imlek.

Meski tradisi mengunjungi rumah kerabat tahun ini tak bisa dilakukan mengingat kondisi pandemi Covid-19, bukan berarti dekorasi Imlek harus ditinggalkan. Dekorasi ini justru bisa membuat suasana perayaan Imlek di rumah mu semakin meriah dan berkesan.

Bukan sembarang hiasan, tiap dekorasi Imlek ini memiliki arti dan harapan terbaik untuk sepanjang tahun. Bahkan, dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan untuk penghuninya, lho.

Sebut saja lampion merah, lampion yang biasanya turut menghiasi jalan, gedung perkantoran, hingga mall tersebut ternyata dipercaya sebagai simbol tolak bala atau mengusir kesialan bagi penghuni rumah. Selain lampion, masih ada lagi deretan dekorasi khas Imlek lainnya untuk memeriahkan suasana Imlek di rumah mu.

Dikutip dari China Highlights, berikut ini 5 dekorasi Imlek pembawa keberuntungan di tahun 2021:

1. Usir nasib buruk dengan lampion merah

Pada umumnya, lampion merah kerap digunakan dalam festival penting seperti festival musim semi, festival lentera, hingga festival musim gugur. Namun seiring waktu, lampion juga digunakan untuk menyambut tahun baru Imlek nih.

Lampion merah tidak hanya menjadi elemen dekoratif, tetapi juga menjadi simbol toalk bala. Berdasarkan kepercayaan Tiongkok, memasang lampion ini di depan rumah dapat menghalau nasib buruk dari luar rumah. Karena itu, banyak orang yang meletakan lampion merah di depan pintu untuk mencegah datangnya kesialan.

2. Kuplet di pintu untuk harapan baik di tahun yang akan datang

Selain memajang lampion, menempelkan kuplet di pintu rumah juga tak boleh ketinggalan. Biasanya kuplet ini dipasang di sisi kanan dan kiri pintu rumah.

Hiasan ini terdiri dari tulisan kaligrafi mandarin yang ditulis di atas kertas merah. Tulisan tersebut umumnya mengandung makna ucapan selamat tahun baru atau berisi harapan terbaik untuk tahun yang akan datang. Menariknya, memasang kuplet di pintu juga dipercaya mampu membawa keberuntungan untuk seisi rumah lho.

3. Ornamen ukiran kertas untuk keberuntungan dan kebahagiaan

Dekorasi Imlek dari ukiran kertas ini juga turut menghiasi di permukaan dinding atau kaca jendela rumah. Faktanya, menempel ukiran kertas ini disebut-sebut dapat mengundang keberuntungan dan kebahagian bagi penghuni rumah.

Ukiran kertas ini memiliki detail simbol dengan makna yang berbeda-beda. Seperti misalnya buah persik yang melambangkan umur panjang, pohon pinus diartikan awet muda, hingga pohon plum yang menandakan keberuntungan.

4. Pohon kumquat untuk harapan kekayaan dan keberuntungan

Tak bisa dipungkiri, jeruk kerap kali ditemukan saat perayaan Imlek. Berbeda dengan jeruk pada umumnya, jeruk Imlek biasanya menggunakan jenis kumquat yang ukurannya lebih kecil dari biasanya.

Selain untuk dikonsumsi, menjadikan pohon kumquat sebagai elemen dekorasi juga menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, pohon satu ini melambangkan keinginan akan kekayaan dan keberuntungan. Memajang pohon kumquat di rumah dipercaya selalu dilimpahi rezeki yang melimpah nih.

5. "Fu" terbalik, pembawa keberuntungan sepanjang tahun

Pajangan kertas bertuliskan huruf Mandarin yang dibaca fú juga kerap menjadi pelengkap untuk dekorasi Imlek. Biasanya, pajangan satu ini digantung di depan pintu rumah.

Dalam bahasa Mandarin, fú sendiri memiliki arti kemakmuran. Sedangkan jika posisi huruf tersebut dibalik akan mengandung arti yang berbeda. Yakni mengandung makna kemakmuran yang melimpah bagi siapapun yang melewati pintu rumah itu.

Selain itu, warna merah yang digunakan dalam pajangan tersebut juga mengandung makna yang baik lho. Warna merah diharapkan memberi energi positif selama sepanjang tahun.

Penulis: Hilda Irach

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading