Sukses

Lifestyle

Yuk, Intip Persiapan Perayaan Tahun Baru Imlek di Hong Kong Secara Virtual

Fimela.com, Jakarta Perayaan Tahun Baru Imlek kali ini sedikit berbeda dari biasanya. Hampir sama dengan perayaan hari besar lainnya, perayaan Imlek tahun ini digelar lebih sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan guna mengurangi penyebaran virus corona. Meski demikian, ini tak menyurutkan semangat warga untuk merayakannya. Kita bisa melakukannya secara virtual dan aman serta nyaman. 

Ya, seperti yang dilakukan Hong Kong Tourism Board yang akan menggelar tur virtual di beberapa tempat di Hong Kong. Meskipun di tahun ini Perayaan Tahun Baru Imlek akan menjadi sedikit berbeda, Hong Kong telah menyiapkan berbagai ide kreatif dan digabungkan dengan elemen tradisional khas Imlek, yang akan menyambut Tahun Kerbau dengan penuh kegembiraan dan akan sangat menyenangkanuntuk diingat di kemudian hari. Salah satu yang dilakukan oleh Dewan Pariwisata Hong Kong (Hong Kong Tourism Board – HKTB), adalah dengan menggelar tur virtual ke beberapa tempat yang ikonik, yang akan memperlihatkan persiapan penduduk Hong Kong dalam menyambut Perayaan Tahun Baru Imlek. Berikut ada enam perhentian yang disajikan selama tur virtual. 

Man Mo Tample

Kuil Man Mo merupakan sebuah persembahan indah untuk Dewa Sastra (Man) dan Dewa Perang (Mo). Dibangun antara tahun 1847 dan 1862, kuil ini tetap menjadi kuil Man Moter besar di Hong Kong. Kuil ini diberi status sebagai bangunan bersejarah pada tahun 1994 dan secara resmi dinyatakan sebagai monumen pada tahun 2010. Lokasi kuil ini berada di dekat area perkantoran bidang finansial, yang membuat kita akan merasakan sebuah pemandangan yang kontras ketika berada di Kuil Man Mo dengan hiasan gulungan dupa raksasa yang menggantung. Berlokasi di kompleks yang sama, selain Kuil Man Mo, juga ada dua kuil lainnya yang dalam satu garis lurus, yakni Kuil Lit Shing Kung dan Kung sor. Kuil Lit Shing Kung merupakan tempat untuk menyembah seluruh dewa surgawi, sementara Kung Sor dulunya digunakan sebagai aula pertemuan untuk membahas masalah dan berdiskusi.

Wong Tai Sin Temple

Kuil Sik Sik Yuen Wong Tai Sin ini merupakan rumah bagi tiga agama - Taoisme, Buddha, dan Konfusianisme. Kuil ini dibuat untuk memberikan penghormatan kepada biksu terkenal Wong Tai Sin. Bukan hanya menampilkan lima elemen geomantik, namun kuil ini juga memiliki daya tarik yang indah sekaligus menjadi pusat keagamaan yang penting untuk warga Hong Kong saat ini.

Che Kung Temple

Kuil ini didedikasikan untuk Che Kung, seorang komandan militer dari Dinasti Song Selatan(1127–1279), yang sangat ahli dalam memadamkan pemberontakan di abad ke-13. Dia mengawal kaisar Song ke Hong Kong saat mereka melarikan diri dari penjajah Mongolia. Penduduk Sha Tin mendedikasikan sebuah kuil untuknya sekitar 300 tahun yang lalu untuk menghentikan penyebaran wabah penyakit lokal. Menurut cerita setempat, penyakit itu lenyap pada hari pembangunan candi. Sebagai sebuah penghormatan, saat ini pengunjung akan menemukan patung raksasa Che Kung.

Upper Lascar Row

Yang menjadi pusat perhatian di Upper Lascar Row adalah deretan toko yang menjualbarang antik. Mereka menawarkan mulai dari barang seni, kaligrafi yang eklektik, serta furnitur antik khas Tiongkok. Tak hanya itu, Anda akan menjumpai sejumlah toko pernak-pernik yang menawarkan berbagai macam hal, seperti jam Mao Zedong, poster Bruce Leedan berbagai pernak-pernik yang Anda tak akan kira akan menjumpai di sini. Dalam beberapa tahun terakhir, kawasan ini juga diramaikan oleh butik dari desainer lokal dantoko pakaian bertema vintage yang sangat menarik untuk turis dan juga penduduk lokal.

Flower Market

Pasar Bunga di Mong Kok selalu memiliki sesuatu untuk semua orang, baik mereka yang tertarik dengan bunga mawar, pohon jeruk keprok atau hiasan bambu untuk Imlek. Pasarini dikenal sebagai tujuan utama di Hong Kong untuk mereka yang memiliki ketertarikan pada holtikultura. Pasar bunga ini buka sepanjang tahun dan akan sangat ramai menjelang Tahun Baru Imlek. Bukan hanya mencari bunga segar untuk dekorasi, namun mereka juga mencari tanaman yang akan mendatangkan keberuntungan sepanjangtahun.

Creative Online Market

Meskipun tidak akan ada acara fisik (luring) yang diselenggarakan karena situasi COVID19, namun Dewan Pariwisata Hong Kong (Hong Kong Tourism Board - HKTB) telah mempersiapkan perayaan Tahun Baru Imlek secara online, yang memiliki berbagai elemen inovatif, sehingga Anda bisa menikmati perayaan yang meriah dengan cara yang benar-benar baru. Selama tiga minggu, program Perayaan Tahun Baru Imlek, yang mengambil tema, “Fortunes in Hong Kong” akan diselenggarakan secara daring dan luring. Program ini akan berlangsung mulai dari tanggal 8 hingga 26 Februari 2021 di situs www.discoverhongkong.com/CNY, dan akan menampilkan pasar kreatif yang menawarkan mulai dari makanan khas Imlek, berbagai konten menarik, permainan khas Imlek, tip feng shui dan kartu ucapan elektronik yang desainnya bisa Anda pilih sendiri,yang akan membuat perayaan Tahun Baru Imlek ini lebih meriah.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading