Sukses

Lifestyle

Google Doodle Rayakan Hari Lahir Marie Thomas, Dokter Perempuan Pertama Indonesia

Fimela.com, Jakarta Maria Josephine Catherine Maramis alias Marie Thomas, dokter perempuan pertama di Indonesia yang berulang tahun pada 17 Februari. Google memberikan peringatan khusus untuk pahlawan nasional asal Minahasa, Sulawesi Utara ini.Lahir pada hari ini pada tahun 1896 di desa Likupang, Indonesia, Marie Thomas mengukir sejarah sebagai spesialis perempuan pertama di bidang ginekologi dan kebidanan. Hal tersebut juga ditunjukkan oleh Google, melalui ilustrasi Marie Thomas yang berpakaian seperti seorang dokter, lengkap dengan stetoskop, yang tampak sedang menggendong bayi kecil.

Mengutip laman Google Doodle, orang tuanya adalah pegawai negeri pada zaman kolonial. Semasa hidupnya, Marie Thomas sering pindah ke Indonesia semasa kecil sebelum lulus dari sekolah Eropa di Manado. Menurut catatan Ensiklopedia Umum (1973: 1324) yang disusun oleh AG Pringgodigdo et al. Marie lulus dari Meisjesschool (sekolah perempuan) di Yogyakarta pada tahun 1912. Setelah itu, Marie melanjutkan pendidikannya di Sekolah Tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) alias Sekolah Dokter Hindia atau yang lebih dikenal dengan Sekolah Kedokteran Jawa di Batavia.

Sepuluh tahun kemudian, Marie Thomas mendapatkan gelar doktornya, sebuah pencapaian yang berdampak internasional. Bahkan sebuah surat kabar Belanda juga mengumumkan kelulusannya. Dikutip dari Anna Pawlona Matuli-Walanda dalam buku Ibu Walanda-Maramis: Pejuang Perempuan Minahasa (1983: 37). Keberhasilan Marie Thomas lulus sebagai dokter perempuan diikuti oleh orang Minahasa lainnya, yaitu Anna Karamoy Warouw dari Amurang dan Dee Weydemuller dari Manado.

Dokter Marie pernah bertugas di Centrale Burgelijke Ziekenhuis (CBZ) atau yang sekarang dikenal dengan Rumah Sakit Tjipto Mangunkusumo. Selain Batavia, ia juga pernah ditugaskan di Cirebon, Manado, dan Bukittinggi. 

Marie Thomas, Dokter Perempuan Pertama Indonesia

Ia melanjutkan dengan spesialisasi di bidang kebidanan dan ginekologi dan dianggap sebagai dokter Indonesia pertama yang memiliki spesialisasi di bidang ini. Selama masa jabatannya, ia sering menangani urusan kesehatan dan persalinan. Pasalnya, banyak orang Indonesia saat itu lebih memilih dukun daripada dokter atau bidan.

Marie juga dikenal sebagai dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi, seperti UID, kepada perempuan dan ibu di seluruh nusantara. Sosoknya dikenal karena kemurahan hatinya dan sering merawat pasien miskin dengan gratis.

Dedikasinya sebagai ahli kebidanan membantu mendidik bidan di Sumatera. Karyanya membuat Marie Thomas menjadi figur publik yang dihormati.

Selamat ulang tahun, Dr. Marie Thomas. Terima kasih atas dedikasinya yang tanpa syarat kepada kehidupan orang lain yang telah membuka jalan bagi perempuan di Indonesia untuk mengajar kedokteran dan pendidikan tinggi.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#Elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading