Sukses

Lifestyle

Berhasil Mendarat di Mars, Robot Perseverance Milik NASA Memiliki Misi Besar

Fimela.com, Jakarta Robot Perseverance adalah robot beroda 6 milik NASA yang memang diciptakan untuk melakukan perjalanan ke Mars. Setelah perjalanan selama 7 bulan dari Bumi, robot ini berhasil mendarat dengan aman di Mars.

Keberhasilan robot milik NASA ini merupakan peluang luar biasa untuk menemukan tanda-tanda kehidupan masa lampau di Mars. Sebelumnya, tidak pernah ada misi sains yang pergi ke planet Mars dengan seperangkat instrumen yang sangat canggih, tidak pernah ada robot yang begitu menjanjikan.

Jezero Crater, zona pendaratan robot milik NASA ini memiliki semua keunggulan dalam citra satelit, karena pernah memiliki danau raksasa, di mana ada air melimpah dan berarti ada biologi juga di sana. Robot Perseverance akan menyaring dan mengebor sedimen untuk mencari jejak aktivitas mikroba purba, yang jika beruntung akan dikemas untuk dibawa ke Bumi guna misi selanjutnya, seperti dilansir dari bbc.com.

NASA pernah gagal mendarat di Mars

Wakil Manajer Proyek NASA untuk Perseverance Matt Wallace sempat mengatakan bahwa misi mendaratkan robot tersebut di Mars merupakan hal yang sangat menantang.

"Ini adalah salah satu manuver tersulit yang kami lakukan dalam bisnis luar angkasa. Hampir 50% pesawat luar angkasa yang dikirim ke permukaan Mars telah gagal," ungkap Matt Wallace.

Dari 14 upaya pendaratan di Mars, ada 8 yang berhasil dan semuanya adalah milik Amerika. NASA tercatat pernah melakukan satu kali kesalahan di tahun 1999.

Hal yang dicari robot Perseverance di Planet Mars

Jezero sendiri dinamai dari sebuah kota di Bosnia-Herzegovina. Dalam beberapa bahasa Slavia, kata 'Jezero' juga berarti danau yang menjelaskan daya tariknya.

Mangkuk sedalam 500m ini pernah kelihatan memiliki volume besar air mengalur melalui dinding barat ke kolam di dasar kawah. Saat air masuk, ia mengendapkan sedimen hingga membentuk delta.

Jezero menampilkan berbagai jenis batuan, termasuk lempung dan karbonat, yang berpotensi melestarikan jenis molekul organik yang akan mengisyaratkan keberadaan kehidupan di masa lalu. Robot Perseverance mendapatkan dana awal dari NASA untuk beroperasi selama 1 tahun di Mars atau 687 hari di Bumi.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading