7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Cintamu Ditolak

Baiq Nurul Nahdiat20 Feb 2021, 17:05 WIB
Diperbarui 20 Feb 2021, 17:05 WIB
Galau

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar kegagalan dalam hidup manusia ialah tidak lebih dari sebuah penolakan. Bahkan ada yang berpendapat jika penolakan adalah ketakutan nomor satu bagi setiap orang. Karena salah satu sifat dasar manusia yakni bisa diterima.

Begitu juga dalam hal cinta, siapa sih orang yang ingin cintanya ditolak? Semua orang menginginkan hal yang romantis terjadi pada dirinya, termasuk cintanya akan diterima seseorang. Karena penolakan dalam cinta akan membuat seseorang menjadi sakit hati, murung, susah tidur, bahkan stres.

Sementara waktu menyembuhkan lukamu, berikut adalah beberapa tips mengurangi rasa sakit saat cintamu ditolak oleh seseorang.

1. Percayalah Semua akan Berlalu

Saat cintamu ditolak oleh seseorang, usahakanlah agar tetap tenang. Ingatlah bahwa hari buruk yang terjadi dan rasa sakit yang dirasakan sekarang hanya bersifat sementara. Hingga suatu saat, seiring dengan berjalannya waktu, luka yang tumbuh akan menghilang dengan sendirinya. Dan mungkin suatu saat, dirimu akan merasa bangga dan berterima kasih pada diri sendiri karena telah melewati hari sulit dengan sangat baik. Dirimu akan menjadi seseorang yang jauh lebih kuat dari sebelumnya.

2. Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik memaksamu untuk berkonsentrasi pada hal di luar dirimu sendiri. Itulah mengapa seseorang akan merasa lebih hidup saat mereka aktif dan itulah yang menyebabkan seseorang ketagihan berolahraga. Buatlah jdwal rutin untuk berolahraga, karena semakin dirimu sibuk semakin cepat pula dirimu melupakan rasa sakitmu.

3. Maafkanlah Dirimu

bahagia
ilustrasi perempuan bahagia/Photo by Leah Kelley from Pexels

Banyak orang setelah mendapatkan penolakan atas cinta mereka merasa bodoh atau tidak berguna. Kemudian ia dengan leluasa bisa menyalah dirinya sendiri atas apa yang sudah terjadi. Hal ini akan membuatmu stres hingga depresi jika terus seperti itu. Jadi baiknya, maafkanlah diri sendirimu sendiri, jadikanlah dirimu sebagai teman atas dirimu sendiri.

4. Belajar Tentang Hal Baru

Mempelajari keterampilan baru bisa sangat menantang bagi sebagian orang. Selain mendapatkan manfaat yang positif, ini juga akan membantumu menyembuhkan luka, karena dirimu akan selalu sibuk dan fokus. Bahkan dari mempelajari hal baru akan membuat peluang lebih besar bagimu untuk bertemu dengan banyak orang baru juga.

5. Jalan-jalan

self-love
ilustrasi perempuan bahagia/copyright by Shutterstock

Mengunjungi tempat-tempat baru selalu menyenangkan untuk dijelajahi. Jalan-jalan akan mengalihkan perhatianmu dari pikiran negatif dan menambah kegembiraan dalam hidupmu.

6. Bertemu Orang Baru

Ketika dirimu bertemu seseorang yang baru, dirimu pasti ingin menunjukkan yang terbaik, dan ini akan memaksamu untuk bangkit dari keterpurukan. Selain itu, orang baru memiliki cerita baru yang menarik untuk diceritakan, dan bisa menjadi tempat bagimu untuk berbagi. Sehingga membantu dirimu agar tetap teralihkan.

7. Pertimbangkan Konseling

Jika melewati masa sulit ini sendirian terlalu berat untuk ditanggung olehmu sendiri, konseling atau psikoterapi adalah cara terbaik untuk membantumu menghadapi emosi sendiri. Jika tidak bisa mendatangi psikolog secara langsung, dirimu bisa menggunakan layanan situs online yang menyediakan layanan konseling.

Ditolak dalam hal cinta itu wajar dan rasa sakit setelah itu juga normal, tetapi bukan berarti dirimu tidak bisa bangkit kembali dari kondisi itu, karena semuanya hanya bersifat sementara. Tetap berbahagia, Sahabat Fimela.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓