Sukses

Lifestyle

5 Alasan Kamu Selalu Bangun Tidur dengan Perasaan Lelah

Fimela.com, Jakarta Sangat wajar jika kamu bangun tidur dengan sedikit pusing. Namun, berbeda jika kamu merasa kelelahan, yang harus dihilangkan dengan secangkir kopi atau mandi air hangat.

Yang lebih tidak normal lagi adalah ketika kamu bangun, namun tetap merasa mengantuk sepanjang hari. Dilansir dari purewow.com, berikut ini adalah beberapa alasan selalu bangun tidur dengan perasaan lelah.

1. Kamu makan makanan manis atau pedas terlalu dekat dengan waktu tidur

Memanjakan diri dengan mengonsumsi makanan manis atau pedas terlalu dekat dengan waktu tidur dapat merusak kualitas tidurmu sendiri. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa makanan tinggi lemak jenuh dan gula dikaitkan dengan tidur yang tidak nyenyak dan kurang restoratif karena banyaknya gangguan.

Makanan pedas dapat menyebabkan refluks asam yang diperburuk jika kamu berbaring terlalu cepat setelah makan. Selesaikan makan setidaknya 2 jam sebelum waktu tidur.

2. Kamu terlalu banyak mengonsumsi alkohol

Manfaat mengonsumsi terlalu banyak alkohol sebelum tidur bisa mengacaukan siklus tidur. Sedikit alkohol dapat membuat kamu lebih mudah tertidur, namun juga akan menurunkan kualitas tidur dengan mengurangi REM, membuatmu kelelahan bahkan setelah bangun tidur.

 

3. Mandi air panas

Berendam dalam bak mandi air panas mungkin terdengar seperti akhir sempurna untuk hari yang panjang. National Sleep Foundation memberi tahu bahwa suhu internal tubuh biasanya turun beberapa derajat sebelum tidur, membantu kamu merasa tenang dan mengantuk. Menaikkan suhu tubuh kemungkinan besar akan membuatmu terjaga.

4. Bermain gadget di tempat tidur

Cahaya biru dari layar gadget dapat menipu otak untuk berpikir bahwa saat itu masih siang hari, mengacaukan ritme sirkadian atau siklus fisiologis yang menginformasikan untuk tidur. Cobalah membatasi penggunaan gadget dalam 1 atau 2 jam menjelang tidur.

5. Terlalu banyak tidur di akhir pekan

Usahakan untuk selalu bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, terlepas apakah itu hari kerja atau akhir pekan. Tidur sampai tengah hari pada akhir pekan tidak akan benar-benar menggantikan malam yang buruk selama seminggu ke belakang.

Tidur tidak seperti bank, kamu tidak bisa mengakumulasikannya seperti hutan dan mencoba melunasinya di lain waktu. Mana yang masih kamu lakukan, Sahabat FIMELA?

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading