Kembali Diperpanjang, PSBB Jakarta Kini Berlaku hingga 8 Maret 2021

Karla Farhana23 Feb 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 23 Feb 2021, 18:00 WIB
[Fimela] DKI Jakarta

Fimela.com, Jakarta DKI Jakarta memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kini, PSBB Jakarta berlaku hingga 8 Maret 2021. Perpanjangan ini, menurut Antara News, bertujuan untuk menekan laju kasus aktif dan menjaga penurunan keterisian tempat tidur isolasi di Ibu Kota. 

Menurut data yang dihimpun Dinas Kesehatan DKI Jakarta, PSBB Jakarta selama 7-22 Februari 2021 membuahkan hasil. Perpanjangan PSBB tersebut terbukti mampu menekan laju kasus aktif di Ibu Kota. Buktinya, laju kasus aktif pada 7 Februari masih mencapai 23.869 kasus, namun turun menjadi 13.309 pada 22 Februari 2021. 

Selain itu, Dinas Lingkungan juga melaporkan adanya perbaikan kualitas udara. Hal ini disebabkan adanya peningkatan gaya hidup yang siginifikan para pengguna sepeda sebagai alat transportasi. 

“Karena adanya peningkatan signifikan gaya hidup baru penggunaan sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan dan adanya pengetatan kewajiban uji emisi bagi kendaraan bermotor,” kata Plt Kepala Syaripudin dalam keterangannya, seperti dikutip dari Liputan6.

Berkurangnya Mobilitas Warga

Ilustrasi Perempuan
Atasi rasa rindu pada kekasih saat isolasi diri di tengah pandemi virus corona. (Foto: Unsplash)

Selain semakin banyak pengguna sepeda, Syaripudin juga mengatakan perbaikan udara di Jakarta juga terjadi berkat berkurangnya mobilitas warga Jakarta. Hal ini otomatis membuat penggunaan kendaraan bermotor menjadi berkurang. 

“Pandemi menunjukkan kepada kita bahwa masih ada harapan untuk lingkungan hidup yang lebih baik, dan oleh karena itu kita perlu berubah menuju kota yang lebih berkelanjutan dan tangguh,” ujarnya.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓