Sukses

Health

5 Makanan yang Harus Dihindari saat Mengonsumsi Durian Agar Tidak Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Durian adalah buah yang memiliki julukan sebagai raja segala buah. Durian memiliki kulit keras dan tajam seperti duri berduri, dengan aroma bau yang menyengat dan khas. Walaupun memiliki harga yang cukup mahal, tetapi buah durian banyak digemari orang Indonesia.

Buah durian adalah buah musiman, yang biasanya muncul di bulan Desember hingga Februari. Durian ini bisa dikonsumsi langsung dan bisa diolah menjadi olahan makanan yang enak, seperti es buah atau pancake. Namun, kamu harus berhati-hati untuk mengonsumsi makanan, setelah mengonsumsi durian.

Ada beberapa jenis makanan, yang tidak dapat dikonsumsi setelah mengonsumsi durian. Karena akan menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya kolesterol tinggi. Berikut makanan yg harus dihindari saat mengonsumsi durian:

Manfaat Buah Durian

Buah durian memiliki senyawa aromatik. Senyawa ini membuat sebagian orang tak menyukai bau durian, karena baunya yang menyengat. Walaupun baunya menyengat, tetapi buah durian memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Durian memiliki kandungan karbohidrat, sehingga cocok untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Karena kandungan tersebut dapat membantu menambah energi. Buah durian juga diperkaya dengan kandungan kalsium, kalium dan vitamin B, yang membantu menguatkan tulang agar terhindar dari osteoporosis.

Kandungan thiamin dan niasin yang terdapat di dalam durian, membantu melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Manfaat mengonsumsi buah durian yang selanjutnya, yaitu membantu menstabilkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah, sehingga mencegah terjadinya serangan jantung dan anemia.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Mengonsumsi Durian

1. Olahan Susu

Di dalam buah durian, terdapat kandungan sulfur yang juga dimiliki oleh susu. Jika mengonsumsi olahan susu dan durian secara bersamaan, dapat menyebabkan gangguan organ pencernaan dan tubuh tidak dapat mengeluarkan racun. Kolesterol juga akan meningkat jika olahan susu yang dikonsumsi mengandung banyak gula.

2. Kopi

Selain olahan susu, kopi juga tidak boleh dikonsumsi bersama dengan durian. Karena kandungan kafein di dalam kopi, jika menggabungkan durian dan kopi dapat menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat dan tubuh menjadi panas. Hal ini akan membuat serangan jantung, stroke dan berakibat kematian.

3. Seafood

Setelah mengonsumsi buah durian, hindari mengonsumsi seafood seperti kepiting. Karena buah durian dan seafood memiliki kandungan yang tinggi akan kolesterol dan lemak, yang bisa menyebabkan sakit stroke.

4. Daging

Makanan yang harus dihindari selanjutnya, yaitu daging merah seperti sapi dan kambing. Daging merah ini tinggi protein dan kolesterol. Jika durian dan daging merah dimakan secara bersamaan, bisa menyebabkan gangguan pencernaan, jantung, inflamasi dan hipertensi.

5. Terong

Walaupun terong adalah sayuran yang memiliki banyak manfaat, tetapi kamu harus menghindari mengonsumsi terong setelah mengonsumsi durian. Karena bisa membuat tubuhmu panas dan memicu munculnya penyakit.

Cara Memilih Durian

Biasanya saat membeli durian, kita sering tertipu dengan warna dagingnya yang kuning, tetapi rasa daging duriannya sangat hampar. Untuk mencegah hal tersebut, cara memilih durian yang rasanya enak adalah yang memiliki bau sangat menyengat. Lalu berhatikan bentuk durinya, jika durinya lancip dan keras maka durian tersebut memiliki rasa yang enak.

Kamu juga bisa memilih durian yang bagian bawahnya tidak memiliki banyak duri. Jangan lupa untuk meminta penjualnya membuka sedikit durian, agar kamu bisa mencicipi rasanya terlebih dahulu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading