Meski Populer, 5 Tanaman Hias Ini Ternyata Berbahaya untuk Hewan Peliharaan

Fimela Editor02 Mar 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 02 Mar 2021, 08:00 WIB
Hewan Peliharaan

Fimela.com, Jakarta Tanaman hias menjadi primadona di kala pandemi corona. Pasalnya, merawat tanaman memang menawarkan banyak sekali manfaat. Terutama untuk menyejukkan hunian dan memperbaiki suasana hati pemiliknya.

Namun sayangnya, bagi sebagian orang yang memiliki hewan peliharaan di rumah, beberapa tanaman hias perlu dihindari. Sebab, bersifat bersifat beracun untuk mereka.

Apalagi hewan peliharaan memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi. Seringkali dibalik tingkah laku lucu mereka, hewan peliharaan cenderung mudah menghancurkan dan mengunyah sesuatu. Sehingga Anda harus selektif memilih tanaman yang tepat untuk ditempatkan di rumah.

Secara lebih lanjut, berikut ini 5 jenis tanaman hias populer yang beracun untuk hewan peliharaan, dilansir The Spurce.

1. Philodendron

Tanaman hias philodendron cukup populer untuk dijadikan dekorasi indoor. Tanaman ini juga banyak digandrungi berkat perawatannya yang mudah.

Namun, philodendron sangat berbahaya untuk hewan peliharaan, apalagi jika sampai tertelan. Gejala keracunan akibat tanaman ini adalah iritasi mulut, bengkak, muntah, kesulitan bernapas, dan air liur yang berlebihan. 

2. Fiddle leaf fig

tanaman yang berbahaya bagi hewan peliharaan
Fiddle leaf fig tanaman yang berbahaya bagi hewan peliharaan.

Fiddle leaf fig diburu oleh banyak penggemar tanaman hias berkat bentuk lebarnya yang unik. Warna dedaunan hijaunya, memberikan kesan kesegaran di dalam ruangan.

Sayangnya, tanaman ini beracun untuk hewan peliharaan. Jika sampai tertelan, ini akan menyebabkan efek kulit yang iritasi serta gangguan saluran pencernaan.

3. Pohon dollar

Pohon dollar sempat booming di media sosial sebagai tanaman hias indoor. Tanaman ini disukai karena bentuk daunnya yang menyerupai uang dollar dan daun hijaunya yang mengkilap. Ini juga menjadi alasan mengapa tanaman ZZ plant di sebut sebagai pohon dollar.

Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, tanaman ini berbahaya untuk mereka. Jika sampai tertelan, tanaman dolar ini dapat menyebabkan sensasi mulut terbakar, bengkak, iritasi , muntah, air liur yang berlebihan, dan kesulitan bernapas.

4. Lidah buaya

[Fimela] aloe vera
ilustrasi lidah buaya | unsplash.com/@karishea

Lidah buaya telah lama dikenal sebagai tanaman herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit manusia. Tanaman hias ini juga membutuhkan sedikit perawatan, sehingga kerap diburu oleh para pencinta tanaman hias.

Namun, jika hewan peliharaan anda tak sengeja menggigit atau menelan lidah buaya ini, akan menyebabkan gejala seperti lesu, muntah, dan masalah saluran pencernaan.

5. Dieffenbachia

Tanaman hias populer lainnya adalah Dieffenbachia atau yang kerap disebut sri rejeki ternyata berbahaya untuk manusia maupun hewan peliharaan Anda. Ini disebabkan getah kalsium oksalat yang terkandung pada batang dan daunnya bisa menyebabkan sensasi gatal pada bibir dan lidah, bahkan mengakibatkan kejang-kejang.

Jika sampai tertelan hewan peliharaan, gejala keracunan yang akan dirasakan meliputi iritasi, pembengkakakn mulut, muntah, air liur berlebihan, hingga kesulitan bernapas. Namun, bila Anda tetap ingin mengoleksi tanaman hias ini, tempatkan sri rejeki di area yang jauh dari jangkauan hewan peliharaan Anda.

Penulis: Hilda

#Elevate women

Lanjutkan Membaca ↓