3 Cara Sederhana Merayakan Hari Perempuan Sedunia di Masa Pandemi Corona

Karla Farhana02 Mar 2021, 17:30 WIB
Diperbarui 02 Mar 2021, 17:30 WIB
perempuan

Fimela.com, Jakarta Hari Perempuan Sedunia sebentar lagi akan datang. Tahun ini, dunia serempak mengangkat tema #ChooseToChallenge dimana berkaitan dengan tantangan yang kini sedang dihadapi dunia. Namun yang paling penting adalah tantangan-tantangan yang ada di hadapanmu. 

Sebagai perempuan, pasti ada begitu banyak tantangan yang kamu hadapi. Tapi, kamu berhak untuk menentukan dan memilih, mana tantangan yang ingin kamu hadapi. Termasuk gender bias dan inequality. 

"Secara individu, kita semua bertanggung jawab atas pikiran dan tindakan kita sendiri, - sepanjang hari, setiap hari. Kita semua bisa memilih untuk menantang dan menyerukan bias dan ketidaksetaraan gender. Kita semua dapat memilih untuk mencari dan merayakan pencapaian perempuan. Secara kolektif, kita semua dapat membantu menciptakan dunia yang inklusif. Dari tantangan muncullah perubahan, jadi mari kita semua memilih tantangan," tulis situs resmi International Women's Day 2021. 

Mengingat pandemi masih melanda, tahun ini Hari Perempuan Sedunia nampaknya tidak bisa dirayakan bersama-sama dengan tatap muka. Namun, kamu tetap bisa merayakannya secara daring. Berikut beberapa cara untuk merayakan hari istimewa ini secara daring. 

1. Share di Media Sosial

Kamu bisa menunjukkan komitmenmu dalam menantang ketidaksetaraan dengan berpartisipasi dalam kampanye media sosial #ChooseToChallenge. Caranya dengan selfie dengan mengangkat tangan tinggi-tinggi dan bagikan di platform media sosialmu dengan tagar #ChooseToChallenge dan # IWD2021.

2. Gelar Diskusi Panel Online

sahabat perempuan
ilustrasi teman perempuan/Photo by Amina Filkins from Pexels

Kamu juga bisa menggelar sebuah diskusi online bersama sahabat, teman, atau juga profesional mengenai cara menghapus ketidaksetaraan di Indonesia. 

3. Dukung Bisnis Kecil yang Didirikan Perempuan 

Cara lain adalah dengan mendukung bisnis atau usaha kecil yang dijalankan dan didirikan perempuan. Misalnya dengan membagikan atau mengiklankan usaha mereka di media sosial. 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓