5 Tips Menghindari Teman Beracun, Buat Hidupmu Lebih Tenang

Baiq Nurul Nahdiat26 Feb 2021, 16:05 WIB
Diperbarui 26 Feb 2021, 16:05 WIB
teman beracun

Fimela.com, Jakarta Jika dirimu memimiliki teman yang mencoba mengendalkanmu, menguras energimu, bahkan emosimu, bisa jadi dirimu sedang berada dalam sebuah pertemanan beracun. Memiliki teman beracun memang yang sangat menyebalkan. Teman beracun bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada teman yang telah kamu kenal lama, karena pertemanan yang lama juga tidak menutup kemungkinan dirimu akan terbebas dari teman beracun ini.

Agar terhindar dari pertemanan yang merugikan dirimu sendiri, di sini ada beberapa tips untuk mengatasi teman beracun. Ini dia tipsnya.

Ucapkanlah Selamat Tinggal

Jika dirimu menyadari bahwa dengan bersama mereka hidupmu jadi banyak drama dan membawa dampak buruk, mungkin inilah saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal. Tidak orang ada yang ingin mengucapkan selamat tinggal pada temannya.

Namun meskipun ini adalah hal tersulit yang pernah kamu lakukan, tidak apa-apa untuk berpisah. Memilih kebahagiaanmu sendiri bukanlah hal yang membuatmu harus merasa bersalah. Meskipun sangat menyakitkan untuk meninggalkan pertemanan yang sudah terjalin lama, dirimu berhak mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Berterus Teranglah

teman beracun
Ilustrasi/copyright shutterstock/Prostock-studio

Jika dirimu sudah memutuskan untuk mengkahiri pertemanan dengan seseorang yang beracun, sebisa mungkin jelaskanlah kepada meraka apa yang terjadi.Utarakanlah kepadanya secara langsung dan hindari melalui telepon atau pesan singkat, agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Jelaskan apa yang membuatmu menghindarinya atau hal yang tidak kamu sukai darinya. Mungkin dirimu akan terllihat jahat, namun hal ini penting agar ada kejelasan dalam sikapmu dan membuat mereka menyadari kesalahannya.

Carilahlah Dukungan

Jika dirimu berurusan dengan teman yang beracun, kemungkinan besar orang lain dalam hidupmu tahu semua tentang itu. Mengakhiri persahabatan adalah hal terburuk, dan dirimu akan membutuhkan semua dukungan orang lain dalam menjalaninya. Hubungilah orang-orang yang kamu percayai dan ceritakanlah semua permasalahanmu. Setidaknya, dirimu tidak akan merasa sendirian dalam masa sulit ini.

Batasi Kontak

teman beracun
Ilustrasi/copyright shutterstock/Prostock-studio

Dirimu harus membatasi semua kontak dengan mereka, hal ini merupakan ketegasan sikap yang harus dilakukan. Jangan menjawab pesan atau panggilan mereka, berhenti mengikuti mereka di media sosial, bila perlu blokir semua kontaknya. Semua ini untuk membuat hidupmu menjadi tenang, tidak ada alasan lagi untuk tetap berkomunikasi atau membiarkan mereka untuk masuk ke dalam hidupmu lagi.

Merasakan Kesedihan

Mencampakkan Demi Kepentingan Pribadi
Ilustrasi Menangis dan Ekspresi Sedih Credit: pexels.com/pixabay

Perpisahan pertemanan seperti seseorang yang putus cinta, bahkan lebih buruk dari itu. Jadi berikanlah dirimu waktu untuk memproses. Meskipun itu adalah pilihan yang tepat untuk kesehatan mentalmu, namun pasti ada rasa sedih dan kehilangan setelahnya. Tidak apa-apa untuk merasa sedih dan merasa tidak baik-baik saja, setelah itu pastikan bahwa dirimu bisa lebih tenang dari sebelumnya.

Demikianlah beberapa cara agar dirimu terbebas dari teman beracun. Semoga bermanfaat. 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓