5 Tips Menolak Permintaan Seseorang tanpa Membuatnya Tersinggung

Baiq Nurul Nahdiat26 Feb 2021, 17:05 WIB
Diperbarui 26 Feb 2021, 17:05 WIB
menolak

Fimela.com, Jakarta Perasaan tidak enak seringkali meliputi pikiran seseorang. Rasa tidak enakan ini muncul saat dirmu tidak ingin terjebak dalam suatu permasalahan atau konflik dengan seseorang. Akhirnya yang terjadi dirimu akan selalu mengiyakan orang lain tanpa berpikir panjang dan bahkan untuk sesuatu yang tidak kamu sukai.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menolak seseorang tanpa membuatnya tersinggung.

Tolak Permintaannya, Bukan Orangnya.

Saat dirimu menolak permintaan seseorang, maka jelaskanlah bahwa dirimu menolak permintaan tersebut, bukan orangnya. Tatap matanya, tersenyumlah dengan tulus, dan jelaskan mengapa dirimu menolak permintaan tersebut. Pahami bahwa rasa bersalah yang kamu rasakan disebabkan oleh diri sendiri. Diirmu dapat memulai dengan "Seandainya saya bisa, tapi ...." Hal ini untuk menjaga perasan seseorang saat dirimu menolak permintaannya.

Bersikap Tegas

menolak
Ilustrasi/copyright shutterstock/Daniel M Ernst

Setelah dirimu mengatakan tidak, maka pertahankanlah sikap itu. Bagian dari mengatakan tidak secara efektif melibatkan bersikap tegas namun tetap lembut. Gunakanlah ketagasan bukan kesombongan. Dengan begitu kamu telah berhasil melawan rasa tidak enakan dalam dirimu dengan menunjukkan sikap yang seharusnya, dan yakinlah ini adalah jalan keluar yang terbaik.

Tawarkan Alternatif

Dirimu mungkin akan dihadapkan pada situasi saat seseoang meminta bantuan padamu. Misalnya ketika rekan kerja meminta bantuanmu saat dirimu tidak memiliki waktu. Katakanlah padanya, seperti "Ada hal lain yang harus saya kerjakan, bagaimana kalau saya membantu besok.” Atau dirimu bisa menawarkan bantuan yang lain yang sekiranya tidak terlalu memberatkanmu.

 

Menunda Respons

Tetap Tenang dalam Segala Situasi
Ilustrasi Mengubah Pikiran Negatif ke Positif Credit: unsplash.com/BenWhite

Pada dasarna seseorang sering terjebak karena sikapnya yang impulsif dalam mengambil keputusan, seperti mengiyakan seseorang tanpa berpikir panjang, dan akhirnya berujung penyesalan. Jadi,luangkanlah waktu untuk membuat keputusan. Pertimbangkan baik dan buruknya. Bila perlu ambil waktu semalaman sebelum tidur untuk memikirkannya.

Melatih Diri

Untuk mengatakan tidak kepada orang lain, dirimu harus mulai dari diri sendiri. Cobalah untuk berbicara pada diri sendiri di depan kaca atau berlatih menyusun kalimat-kalimat penolakan yang menurutmu bagus. Penelitian menyatakan bahwa semakin kamu memperkuat kemauanmu, maka semakin mudah bagimu untuk mengatakan tidak. Jadi berlatihlah memperkuat kemauanmu sendiri.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menolak permintaan seseorang dengan baik agar tidak membuatnya tersinggung. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓