5 Tips yang Menjadi Pemimpin yang Lebih Ramah dan Bertanggung Jawab

Gayuh Tri Pinjungwati27 Feb 2021, 15:45 WIB
Diperbarui 27 Feb 2021, 15:45 WIB
Team work

Fimela.com, Jakarta Bekerja di bawah pemimpin yang pemarah bisa sangat menguras emosi. Ketika manajer menampilkan pekerjaan yang buruk sepanjang hari, karyawan juga dapat merasakan getaran negatif yang secara tidak langsung memengaruhi produktivitas secara keseluruhan di tempat kerja. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantumu berubah menjadi pemimpin yang bahagia dan dapat memberikan energi positif untuk karyawannya.

Mulailah Hari dengan Catatan Menarik

Saat memulai rapat pagi harian, dirimu selalu dapat mengutip beberapa ucapan inspiratif atau cerita kecil sukses yang dapat meningkatkan semangat kerja karyawan dan mendorong mereka untuk bekerja lebih efisien. Mengungkap kejadian lucu di tempat kerja sesekali bisa meredakan ketegangan.

Kelilingi Dirimu dengan Orang-orang Bahagia

Duduklah bersama tim saat makan siang atau temani mereka saat rehat kopi kecil, sehingga dirimu bisa santai, dan tertawa bersama semua orang. Berada di lingkungan yang ceria dapat membantumu bangkit dari perilaku pemarah.

Bersyukur Atas Tim yang Dimiliki

Team
Ilustrasi/copyrightshutterstock/GaudiLab

Ketika dirimu bersantai di antara anggota tim dirimu dengan menikmati lelucon dan tawa yang hidup, dirimu merasa terdorong untuk bekerja lebih keras untuk timmu sebagai pemimpin mereka. Dirimu juga akan merasa termotivasi, mendorongmu untuk menjadi manajer yang lebih baik dan mudah didekati yang dapat diajak bicara oleh siapa pun, dengan mudah. Hal-hal kecil ini berhasil ketika mencoba untuk terikat dengan timmu.

Perhatikan Kualitas-kualitas yang Lebih Baik

Jika dirimu adalah bos yang hanya memikirkan kualitas negatif seorang karyawan, inilah saatnya untuk menyeimbangkan pemikiran tersebut. Biarkan juga kualitas baik dari karyawan tersebut dalam pikiranmu sehingga dirimu dapat melihatnya dari sudut pandang yang berbeda dan positif. Terus-menerus bertengkar dengan karyawan karena sifat pekerjaan mereka yang lebih rendah akan menurunkan semangat mereka.

Bersenang-senang di Pesta Kantor

Meski banyak yang menganggapnya sebagai bagian paling mengerikan dari tempat kerja, pada kenyataannya, ini sebenarnya bisa menyenangkan. Selain itu, dirimu bisa mencoba menjadi orang yang menyenangkan di pesta kantor, berlawanan dengan sikapmu yang pemarah selama jam kerja.

Berikut tadi beberapa tips menjadi seorang pemimpin yang dapat memberikan energi positif untuk karyawannya. Menjadi pemarah di tempat kerja hanya akan membuatmu terlihat negatif dan dapat menurunkan produktivitas karyawan.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓