4 Tanda Bahwa Dirimu Memiliki Pasangan yang Terlalu Suka Mengontrol

Gayuh Tri Pinjungwati27 Feb 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 27 Feb 2021, 18:15 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Sering kali kita membayangkan orang yang mengendalikan menjadi agresif, melakukan kekerasan fisik atau penindas. Tetapi lebih sering daripada tidak, orang-orang yang mengontrol dan mendominasi tidak benar-benar menunjukkan perilaku seperti itu. Mereka pendiam dan halus dalam pendekatannya.

Mereka pandai menutupi perilakunya dan entah bagaimana akan memanipulasimu agar percaya bahwa karena dirimu terlalu lemah untuk mengatur segala sesuatunya sendiri, mereka membantumu dengan membuat keputusan. Untuk itu, waspadai beberapa tanda halus ini untuk mengetahui apakah dirimu memiliki pasangan yang suka mengontrol dirimu.

Membuatmu Merasa Bersalah

Mereka adalah manipulator yang dapat membuatmu merasa bersalah meskipun dirimu tidak melakukan kesalahan apa pun. Jika, misalnya dirimu memiliki pendapat yang berlawanan dengan pendapatnya, dia akan membuatmu merasa menyesal dan akan memanupulasimu agar percaya bahwa dirimulah yang memiliki pendapat yang salah.

Menjauhkanmu dari Keluargamu

Cara termudah bagi mereka untuk mendominasi dan mengontrolmu adalah dengan meninggalkanmu tanpa pendukung. Mereka akan berusaha menjauhkanmu dari keluarga dan teman-temanmu. Kemudian dia akan mencuci otakmu agar tidak menyukai orang yang dirimu cintai.

Mudah Cemburu

couple marah
Ilustrasi/copyrightshutterstock/zhang tianle

Tentu, ketika pasangan cemburu, dirimu mungkin awalnya merasa dicintai dan tersanjung. Tapi begitu itu mulai terjadi menjadi tidak sehat, menakutkan dan obsesif, saat itulah masalah muncul. Jika dirimu memiliki pasangan yang mengontrol, dia akan menyalahkanmu karena terlalu genit, bahkan setelah interaksi yang wajar dengan teman yang lainnya.

Membuatmu Merasa Tidak Berharga

Mereka akan terus-menerus membuatmu merasa bahwa dirimu tidak cukup. Mereka akan meremehkan pencapaianmu dan akan membuatmu merasa bodoh, konyol, dan tidak berharga.

Nah, berikut tadi beberapa tanda bahwa dirimu berada dalam hubungan yang terlalu dikontrol oleh pasanganmu. Jika hubungan ini terus berlanjut, maka akan membuat hubunganmu menjadi beracun. Usahakan untuk tidak berada dalam hubungan tidak sehat yang akan merugikan dirimu sendiri.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓