5 Cara Menghilangkan Sikap Posesif pada Pasangan

Baiq Nurul Nahdiat27 Feb 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 27 Feb 2021, 14:15 WIB
Rawan Terjadi Pertengkaran

Fimela.com, Jakarta Menjadi posesif terhadap pasanganmu hanya akan merusak hubunganmu. Ada banyak alasan yang membuat seseorang merasa posesif, termasuk memiliki masalah kepercayaan, cemburu, atau memiliki harga diri yang rendah. Tetapi menyadari itu adalah sebuah perilaku yang buruk maka siapa pun pasti tak ingin memiliki pasangan yang posesif.

Jadi berikut adalah beberapa tips untuk menjaga hubungan agar dirimu dan pasangan bisa terhindar dari prilaku posesif.

1. Lupakan Masa Lalu

Mungkin dirimu pernah ditipu atau dibohongi oleh pasanganmu sebelumnya, tetapi sadari bahwa sekarang dirimu berada dalam sebuah hubungan baru. Jangan biarkan masa lalu merusak apa yang kamu miliki sekarang.

Pasanganmu adalah orang yang berbeda dengan mantanmu. Mungkin kamu memang tidak dapat mengubah apa yang sudah terjadi, tetapi kamu bisa memilih untuk melepaskan diri dari masa luka masa lalu dan fokus pada hubunganmu saat ini.

2. Pupuklah Kepercayaan

pasangan bertengkar
Ilustrasi/copyright shutterstock/shisu_ka

Semakin kamu khawatir bahwa pasanganmu tidak mencintaimu atau takut bahwa ia tidak jujur, maka akan membuat pikiranmu kacau sendiri dan membuat pasanganmu merasa tidak nyaman. Jadi jangan membuat ketakutan dan kekhawatiran menguasai dirimu.

Berikanlah pasanganmu kebebasan, hargai privasinya dan jangan membuat pertanyan-pertanyaan yang menyudutkannya. Dengan begitu hubunganmu dengan pasangan akan berjalan dengan baik, karena sudah dilandasi dengan kepercayaan.

3. Milikilah Kehidupan Pribadi

Jika dirimu memiliki pekerjaan, hobi, dan kehidupan sosialmu sendiri, maka dirimu tak hanya akan disibukkan oleh pasangan. Menghabiskan waktu bersama pasangan tentu saja penting, tetapi juga menyenangkan bisa menghabiskan waktu terpisah dan memiliki berbagai hal untuk dibagikan dan dibicarakan saat dirimu dan pasangan sedang bersama.

4. Kurangi Rasa Cemburu

Mudah Memunculkan Pertengkaran
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Ginnie

Kecemburuan tidak hanya bisa mengakhiri sebuah hubungan dengan cepat, tetapi juga akan membuatmu merasa getir dan penuh kebencian dalam kehidupan sehari-hari. Ubahlah kebiasaan cemburu menjadi sesuatu yang positif dengan menyadari bahwa pasanganmu memilihmu karena kamu adalah seseorang yang layak dicintai.

5.Kenali teman satu sama lain.

Cara terbaik untuk tidak cemburu pada pasanganmu adalah dengan akrab atau mengetahui lingkungan sosial satu sama lain. Jika dirimu tahu dengan siapa pasanganmu menghabiskan waktu, kamu jadi tidak perlu merasa khawatir. Dengan mengetahui lingkungan sosial satu sama lain juga bisa membuatmu untuk memperbanyak teman atau relasi.

Demikianlah beberapa cara untuk menjaga hubugan dengan menghindari perilaku posesif pada pasangan. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓