Sukses

Health

15 Manfaat VCO untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

Fimela.com, Jakarta VCO atau Virgin Coconut Oil adalah minyak kelapa murni yang sedang populer, di dunia kesehatan maupun di dunia kecantikan. Karena minyak kelapa murni dapat di konsumsi secara langsung, maupun dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. VCO adalah minyak alami yang cara membuatnya dengan proses mengekstrasi buah kelapa.

Prosesnya menggunakan teknik cold pressed tanpa menggunaan media panas, seperti kompor atau sinar matahari. Berbeda dengan proses ekstraksi minyak alami yang lainnya. Minyak kelapa murni ini memiliki kandungan nutrisi, yang baik untuk membantu meningkatkan produksi kolesterol baik di dalam tubuh, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

Virgin Coconut Oil ini juga bisa digunakan untuk memijat hingga membantu membersihkan makeup. Minyak ini juga mengandung sifat antioksidan, antimikroba, antioksidan, antijamur dan antibakteri. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang VCO, berikut manfaat VCO untuk kesehatan dan perawatan kecantikan:

Manfaat VCO untuk Kesehatan

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat pertama mengonsumsi VCO adala membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena minyak ini memiliki kandungan yang bersifat sebagai antioksidan, antimikroba dan antibakteri, yang bisa membantu melindungi sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas dan virus penyebab penyakit.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Berbeda dengan minyak alami lainnya yang mengandung lemak jenuh, minyak kelapa murni ini justru memiliki kandungan yang dapat meningkatkan produksi kolesterol baik, serta membantu mencegah terkena serangan jantung.

3. Menurunkan Berat Badan

Minyak VCO ini juga memiliki manfaat yang bisa membantu menurunkan berat badan. Karena minyak ini memiliki kandungan jaringan lemak asam medium, yang bisa menambah energi tubuh, membantu memecah lemak jahat di tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh dan mampu menunda rasa lapar.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Minyak VCO ini membantu penyerapan nutrisi makan di dalam sistem pencernaan, seperti vitamin dan magnesium. Sehingga mencegah terjadinya asam lambung, sembelit dan masalah pencernaan yang lainnya.

5. Menguatkan Gigi

Manfaat VCO untuk kesehatan yang terakhir, bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena minyak ini mengandung sifat antiinflamasi dan antimikroba, yang membantu menghilangkan plak gigi dan menyembuhkan radang gusi.

Manfaat VCO untuk Kecantikan

6. Menghilangkan Jerawat

Walaupun teksturnya minyak, tetapi minyak VCO bisa digunakan untuk kulit berminyak dan membantu menghilangkan jerawat. Karena minyak ini memiliki sifat antibakteri yang membantu membunuh bakteri jerawat, serta sifat antiinflamasi yang membantu mencegah peradangan pada kulit berjerawat.

7. Melembapkan Kulit

Minyak VCO sangat cocok digunakan untuk melembapkan kulit kering. Minyak ini mampu menjaga kulit tetap terhidrasi, melembutkan tekstur kulit kering yang kasar dan membantu menyembuhkan eksim yang sering muncul di kulit kering.

8. Sebagi Eksfoliator

Minyak kelapa murni ini juga bisa digunakan sebagai eksfoliator, dengan cara menggunakan minyak ini sebagai pembersih makeup. Minyak ini mampu mengangkat debu, kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, tanpa menyebabkan iritasi pada wajah.

9. Mencerahkan Wajah

Kalau kamu memiliki wajah yang kusam dan memiliki noda di wajah, seperti bekas jerawat, maka tak perlu khawatir lagi, karena minyak VCO ini bisa membantu mencerahkan wajah, meratakan warna kulit dan menghilangkan noda di wajah.

10. Mengurangi Tanda Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami beberapa tanda-tanda penuaan dini seperti muncul keriput. Hal ini disebabkan karena produksi kolagen menurun. Minyak VCO mengandung asam laureate yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, serta mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Manfaat VCO untuk Rambut

11. Mencegah Kerusakan Rambut

Minyak VCO bisa digunakan sebagai masker rambut, untuk mencegah kerusakan rambut yang disebabkan karena penggunaan pengering rambut dan produk kimia, seperti cat rambut. Kandungan di dalam VCO ini bisa menguatkan akar rambut, agar tidak mudah rusak dan patah.

12. Membuat Rambut Berkilau

Sering terpapar sinar matahari bisa membuat rambut terlihat kusam. Mengaplikasikan VCO ke rambut dalam waktu semalaman, bisa membantu mencegah rambut kusam dan mengembalikan kilau rambut yang kusut.

13. Melembapkan Rambut

Minyak alami ini mengandung asam lemak tinggi dan asam laurat, yang mudah diserap oleh pori-pori rambut. Kandungan tersebut akan menutrisi rambut dan menjaga rambut tetap lembap.

14. Membuat Rambut Mudah Diatur

Rambut yang kering dan kusut biasanya akan susah untuk diatur. Kamu bisa menggunakan VCO untuk rambut, kira-kira 2 jam sebelum keramas, untuk membuat rambut menjadi lembut dan mudah untuk diatur.

15. Mencegah Kulit Kepala Kering

Biasanya setelah mengaplikasikan minyak ke kulit kepala, akan membuat rambut lebih berminyak dan lepek. Tetapi mengoleskan minyak VCO ke kulit kepala, justru membantu menyembuhkan jamur di kulit kepala, mencegah kulit kepala kering dan mengurangi ketombe di rambut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading