6 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Keluar dari Siklus Hubungan Beracun

Gayuh Tri Pinjungwati02 Mar 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 02 Mar 2021, 18:56 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Banyak orang mendapati diri mereka melompat dari satu hubungan yang disfungsional ke hubungan lainnya, dan parahnya mereka mungkin tidak dapat melepaskan diri dari siklus hubungan beracun ini.  Tidak peduli seberapa keras mereka mencoba untuk menghindari pengulangan kesalahan mereka dari hubungan masa lalu, mereka tetap jatuh ke dalam jebakan yang sama berulang kali. Meski demikian, semua itu tentu ada jalan keluarnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar dirimu keluar dari siklus hubungan beracun yang merugikan dirimu sendiri.

1. Pelajari Tentang Perilaku Tidak Sehat

Sayangnya, terkadang hampir tidak mungkin untuk mendeteksi apakah pasanganmu tulus atau tidak. Namun, ada tanda bahaya tertentu yang harus diwaspadai untuk mengidentifikasi perilaku beracun. Beberapa dari tanda peringatan yang paling mengganggu adalah ketidakjujuran, menghindar, pelecehan emosional atau fisik, ketergantungan, dan kecemburuan.

Segera setelah dirimu melihat sifat-sifat tersebut dari pasanganmu, cobalah untuk membicarakan pengamatanmu dengannya. Ini akan memberimu perspektif yang berharga tentang kekuatan hubungan secara umum.

2. Cari Tahu Mengapa Dirimu Terjebak dalam Hubungan Tersebut

Tidak masuk akal untuk membuat kesalahan yang sama berulang kali, bukan? Tapi dirimu tetap melakukannya. Biasanya, kita mengulangi hal-hal karena terasa familiar dan tidak mengharuskan kita keluar dari hal-hal yang menenangkan. Jadi, ada kemungkinan dirimu melakukan hal yang sama karena takut akan perubahan. Apa pun itu, luangkan waktumu untuk mengetahuinya.

3. Sembuhkan Trauma Masa Lalu

Sebagian besar hubungan yang tidak sehat adalah akibat dari masalah yang belum terpecahkan di masa lalu. Masalah terbesar adalah dirimu mencari kesembuhan pada orang-orang yang tidak dapat membantumu. Terkadang kita harus menemukan jalan menuju kesembuhan sendiri. Kecuali dirimu telah membuat beberapa langkah untuk mengurangi trauma emosional, dirimu tidak dapat mengharapkan orang lain untuk menyelesaikan semua masalahmu. Bahwa orang lain mungkin tidak dapat memberimu cinta dan penerimaan yang dirimu butuhkan, yang hanya akan membuatmu merasa lebih buruk.

4. Latihlah dengan Mencoba Hubungan Baru

Couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Dean Drobot

Wajar jika dirimu ingin mengakhiri siklus, dirimu perlu mengubah sesuatu. Dalam kasus ini, dirimu harus fokus untuk mengubah keterampilan hubunganmu. Ini mungkin termasuk meningkatkan keterampilan komunikasimu, mendapatkan kendali yang lebih baik atas emosimu, atau belajar bagaimana menetapkan batasan yang jelas sejak awal. Meskipun dirimu memulai dengan langkah kecil, upayamu pasti akan membuahkan hasil.

5. Jangan Merasa Takut Sendirian

Salah satu alasan paling umum untuk tetap berada dalam hubungan yang disfungsional adalah ketakutan akan kesepian. Dirimu mungkin lebih suka tetap menjadi bagian dari ikatan beracun seperti itu hanya karena ini memberimu kepastian bahwa dirimu setidaknya tidak sendirian. Namun, menghabiskan waktu berkualitas sendiri akan memungkinkanmu menyadari apa yang terbaik untukmu dan terhubung kembali dengan dirimu yang sebenarnya. Sejujurnya, beberapa hubungan memaksamu kehilangan diri sendiri, yang mengisolasimu dari hal-hal yang benar-benar dirimu nikmati. Itulah mengapa menghabiskan waktu sendiri dapat membantumu mengakhiri siklus ini.

 

6. Perlakukan Dirimu yang Mencerminkan Orang Lain

Caramu melihat diri sendiri mencerminkan cara orang lain melihatmu. Jika kamu melihat dirimu buruk dengan mengkritik dan meragukan diri sendiri, dirimu menunjukkan kepada orang lain bahwa tidak masalah memperlakukanmu dengan sikap negatif yang sama. Sebaliknya, jika dirimu belajar bagaimana mencintai diri sendiri, orang-orang di sekitarmu akan menghargainya. Tetapi yang paling penting adalah dirimu akan merasa jauh lebih baik setelah menyadari bahwa dirimu pantas mendapatkan koneksi yang tulus.

Nah, berikut tadi adalah beberapa hal yang perlu dirimu lakukan ketika ingin bernjak dari dari siklus hubungan beracun. Yang pasti, dirimu harus memiliki batasan yang jelas untuk diri sendiri dan orang lain.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓