7 Manfaat Minyak Bulus yang Mampu Atasi Jerawat di Kulit

Kezia Prasetya Christvidya01 Mar 2021, 10:40 WIB
Diperbarui 01 Mar 2021, 12:49 WIB
ilustrasi manfaat minyak/Milanana/shutterstock

Fimela.com, Jakarta Minyak bulus adalah minyak alami yang memiliki banyak sekali manfaat. Minyak bulus ini sudah terkenal sejak lama, karena bisa membantu mengobati masalah kesehatan maupun masalah kulit.

Minyak bulus ini diproduksi dari binatang bulus. Bulus adalah atau yang memiliki nama lain Amyda cartilaginea, termasuk jenis kura-kura yang memiliki cangkang lunak. Cangkang dari bulus ini terdiri dari tulang rawan dan tempurungnya dilapisi oleh kulit yang tebal dan licin.

Walaupun memiliki bau yang amis, tetapi minyak bulus ini sangat digemari banyak orang, baik perempuan maupun laki-laki. Karena minyak bulus ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin E dan vitamin K. Berikut manfaat minyak bulus yang mampu atasi jerawat, dilansir dari Liputan6.com:

Cara Membuat Minyak Bulus

Minyak Kemiri
Ilustrasi Minyak Kemiri Credit: freepik.com

Minyak bulus berasal dari lemak bulus yang dilelehkan. Untuk membuat minyak bulus ini, membutuhkan proses produksi yang waktunya panjang dan rumit, agar kualitas minyak bulus ini baik dan aman untuk digunakan.

Setelah lemak bulus dilelehkan menjadi minyak, kemudian ekstrak minyak bulus tersebut dijemur selama 1 bulan, agar bagian minyaknya terpisah dan bisa diambil.

Kemudian setelah minyak tersebut dipisahkan dan dikeringkan, minyak tersebut dikemas ke dalam botol kaca dan dijual ke pasaran. Sangat wajar jika minyak bulus ini memiliki aroma yang amis dan kurang sedap, karena minyak ini sangat alami dan terbuat dari bulus asli.

Manfaat Minyak Bulus

essence-kezo
ilustrasi minyak/freepik

Mengencangkan Kulit

Manfaat minyak bulus yang pertama adalah membantu mengencangkan kulit. Minyak bulus ini memiliki kandungan vitamin E yang dibutuhkan untuk menutrisi kulit, agar elastisitas kulit tetap terjaga dan tetap kencang.

Mengatasi Jerawat

Walaupun bertekstur minyak, tetapi minyak bulus ini bisa digukan untuk membantu mengatasi jerawat yang sedang meradang. Minyak bulus ini memiliki sifat anti inflamasi dan vitamin A, yang mampu mempercepat penyembuhan jerawat, serta mengurangi kemerahan di wajah akibat peradangan jerawat.

Mencegah Keriput

Minyak bulus juga bisa membantu menghilangkan keriput di wajah. Karena kandungan antioksidan di dalam minyak bulus, bisa meningkatkan produksi kolagen di wajah, yang mencegah munculnya keriput di wajah dan menangkal radikal bebas yang merusak lapisan kulit.

Mencerahkan Kulit

Untuk merawat kuli yang kusam, kamu bisa menggunakan minyak bulus sebagai minyak alami yang mampu mencerahkan kulit. Minyak bulus ini juga bisa membantu mencegah proses hiperpigmentasi kulit, yang disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari.

Manfaat Minyak Bulus yang Lainnya

ilustrasi minyak /unsplash
ilustrasi minyak/unsplash

Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat minyak bulus yang selanjutnya yaitu bisa membantu menghilangkan bekas luka, seperti menghilangkan bekas luka pasca operasi. Kandungan minyak bulus juga bisa membantu menghilangkan stretch mark.

Menyembuhkan Rasa Gatal

Gatal di kulit bisa dihilangkan menggunakan minyak bulus. Rasa gatal di kulit biasanya disebabkan karena kulit sensitif dan kering, karena kekurangan cairan. Kulit yang gatal juga bisa disebabkan karena jamur dan penyakit eksim.

Mengencangkan Payudara

Manfaat minyak bulus yang terakhir adalah membantu mengencangkan payudara. Minyak bulus adalah minyak yang terkenal, yang dijadikan sebagai minyak untuk memijat payudara dan melancarkan sistem peredaran darah di area payudara.

Cara Menggunakan Minyak Bulus

ilustrasi manfaat minyak/YAKOBCHUK VIACHESLAV/shutterstock
ilustrasi manfaat minyak/YAKOBCHUK VIACHESLAV/shutterstock

Cara Menggunakan untuk Wajah

Untuk menggunakan minyak bulus di wajah, bersihkan wajah menggunakan double cleansing. Setelah itu oleskan minyak bulus ke seluruh bagian wajah. Aplikasikan minyak dengan cara memijat wajah dan biarkan minyak meresap ke dalam kulit. Setelah itu cuci wajah sampai bersih.

Cara Menggunakan Minyak Bulus untuk Payudara

Untuk mengencangkan payudara, kamu bisa mengompres payudara terlebih dahulu menggunakan air hangat. Setelah itu aplikasikan minyak bulus ke area payudara, dengan gerakan memutar selama 10 menit. Kemudian biarkan minyak bulus meresap semalaman, dan bilas di keesokan harinya dengan air hangat.

Lanjutkan Membaca ↓